Antisipasi Serangan Cyber, FBI Desak Atlet Olimpiade Beijing Gunakan Ponsel Sementara

0
176

Bagi atlet olimpiade Amerika Chris Mazdzer yang telah mengikuti empat olimpiade, olimpiade kali ini terasa berbeda karena adanya pandemi COVID-19. “Olimpiade ini akan terasa aneh. Tidak ada nuansa Olimpiade yang lengkap (seperti sebelumnya).”

Dari gelembung olimpiade saja, tempat para atlet dan pengunjung tidur, makan, bertanding serta terpantau kondisi terkait potensi COVID-19 terpisah dari warga Beijing, penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin kali ini terlihat sedikit berbeda dan melibatkan lebih banyak teknologi karena pandemi.

Namun, penggunaan teknologi juga menimbulkan kekhawatiran tentang masalah privasi dan keamanan, terutama di China. Kelompok hak asasi manusia telah mengkritik Beijing karena sensor internet dan pengawasan digital terhadap warganya.

Mengutip kekhawatiran keamanan siber, Biro Investigasi Federal AS (FBI) menyarankan pengunjung desa Olimpiade untuk meninggalkan ponsel pribadi mereka di rumah dan menggunakannya saat berada di lokasi.

Atlet hoki es Kanada Melodie Daoust menggunakan ponselnya di Olimpiade Beijing, China.

Charity Wright, pakar intelijen ancaman siber di Recorded Future, mengatakan meskipun saran FBI bersifat umum, ada kekhawatiran lama bahwa pihak berwenang China melacak pergerakan digital pengunjung.

“Saya pikir sangat penting untuk membawa perangkat ‘bersih’, dan menjaganya tetap bersih saat Anda di sana, pastikan percakapan Anda lugas dan sederhana, jangan mengungkapkan informasi pribadi apa pun tentang diri Anda yang dapat diambil oleh pemerintah China. “

Pihak berwenang AS telah berulang kali menuduh China dan beberapa negara lain menggunakan serangan siber untuk mencuri informasi dan terlibat dalam kegiatan pengawasan.

Namun, para pakar keamanan siber mengatakan serangan yang disponsori negara tidak mungkin diluncurkan pada Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, mengingat hubungan geopolitik China yang erat dengan negara-negara, termasuk Rusia dan Korea Utara, tempat serangan siber berasal.

FBI mengatakan ada jutaan percobaan insiden siber di Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, meskipun tidak ada yang berhasil.

Namun, badan keamanan AS memperingatkan bahwa Olimpiade Musim Dingin dapat menghadapi serangan dunia maya yang dimotivasi oleh mereka yang mencari keuntungan finansial atau oleh peretas yang ingin menyoroti suatu masalah.

Kembali, Charity Wright. “Acara seperti Olimpiade dalam skala global, di mana seluruh dunia menyaksikan, adalah jenis acara yang ideal untuk menyampaikan keluhan mereka, untuk meningkatkan kesadaran akan masalah yang mereka soroti.”

Sementara itu, teknologi memainkan peran kunci dalam upaya China menahan penyebaran COVID-19 di luar dan di dalam gelembung Olimpiade.

Sebagai bagian dari tindakan pencegahan pandemi Beijing, robot menjadi andalan dalam gelembung Olimpiade. Mereka membuat dan mengantarkan makanan, dan membersihkan lantai, untuk membantu penghuni gelembung menjaga jarak fisik satu sama lain.

Pengunjung diharuskan menginstal aplikasi di ponsel mereka, di mana mereka memasukkan informasi suhu tubuh dan tes COVID-19 harian. Jika mereka dinyatakan positif, mereka akan segera dikeluarkan dari area Olimpiade.

Cacat keamanan yang dilaporkan dalam aplikasi telah diperbaiki, kata otoritas Olimpiade Beijing. Selain itu, hanya data terbatas yang dikumpulkan oleh pihak berwenang.

Yu Hong adalah kepala petugas teknologi Komite Olimpiade Beijing. “Utuh [pengumpulan] data mengikuti pedoman yang ketat, diklarifikasi oleh Komite Olimpiade Internasional dan Komite Penyelenggara Olimpiade Beijing setelah diskusi menyeluruh.”

Chris Mazdzer, seorang pembalap kereta luncur es, mengatakan kepada VOA sebelum Olimpiade Musim Dingin dimulai bahwa mengunduh aplikasi itu wajib bagi para atlet untuk dapat bersaing.

“Saya percaya pada perlindungan data pribadi. Saya tidak berpikir saya perlu menyembunyikan atau khawatir tentang apa pun di ponsel saya.”

Sementara berjuang untuk membawa pulang medali, para atlet juga harus melindungi diri mereka sendiri di ranah digital. [rd/jm]