AS mendesak warganya untuk segera meninggalkan Rusia

0
210

Warga negara Amerika Serikat (AS) yang berada di Rusia dihimbau untuk segera meninggalkan negara tersebut dengan menggunakan pesawat komersial, kata Departemen Luar Negeri AS dalam keterangannya, Minggu (27/2).

Anjuran itu muncul di tengah semakin banyak maskapai yang membatalkan penerbangan. Selain itu, banyak negara menutup wilayah udaranya ke Rusia setelah Moskow menginvasi Ukraina.

“Warga AS harus segera meninggalkan Rusia dengan opsi komersial (pesawat), jika tersedia,” kata peringatan keamanan 27 Februari di situs web Kedutaan Besar AS di Moskow.

Peringatan itu menyerukan warga AS untuk memiliki “rencana darurat yang tidak bergantung pada bantuan pemerintah AS.”

Invasi Rusia ke Ukraina, serangan terbesar di negara Eropa sejak Perang Dunia Kedua, telah menuai kecaman dari Barat. Pemerintah AS dan Eropa memberlakukan sanksi terhadap bank dan lembaga keuangan Rusia atas agresi yang terjadi.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut serangan itu sebagai “operasi khusus” yang bertujuan demiliterisasi tetangganya.

Departemen Luar Negeri AS mempertahankan imbauan perjalanan ke Rusia pada “Level 4: Jangan Bepergian.” Pada 20 Februari, Kedutaan Besar AS di Moskow telah mengimbau warga AS di Rusia untuk memiliki rencana evakuasi, karena ancaman serangan di Moskow di sepanjang perbatasan Rusia dengan Ukraina. [vm/jm]