AS mengamati China setelah laporan uji coba rudal hipersonik

0
53

Pejabat tinggi militer AS mengatakan Washington mengawasi upaya China untuk membangun persenjataan militernya. Namun dia menolak mengomentari laporan bahwa Beijing mengambil langkah besar dua bulan lalu dengan menguji rudal hipersonik.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan kepada wartawan selama kunjungan ke Tblisi, Georgia pada hari Senin bahwa China tetap menjadi “saingan utama” dan bahwa kemajuan militernya menjadi perhatian.

“Kami menyaksikan pengembangan senjata China dan peningkatan kemampuan dan sistem hanya meningkatkan ketegangan di kawasan itu,” katanya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Financial Times pAda laporan Sabtu (16/10) bahwa China telah menguji rudal hipersonik berkemampuan nuklir pada Agustus, mengejutkan pejabat militer dan intelijen AS.

Tetapi China pada hari Senin membantah telah melakukan uji coba rudal hipersonik, dengan mengatakan itu sebenarnya menguji pesawat ruang angkasa multi guna.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian mengatakan teknologi pesawat ruang angkasa akan memungkinkan pengurangan biaya dan memberikan cara yang lebih terjangkau bagi manusia untuk menggunakan ruang angkasa dengan aman. [vm/jm]