Bahas Rencana Investasi, PM Jepang Bertemu PM India

0
127

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan pada hari Sabtu bahwa negaranya akan menginvestasikan $42 miliar di India selama lima tahun ke depan. Kesepakatan itu diharapkan dapat meningkatkan perdagangan antara kedua negara.

Kishida bertemu rekannya, Perdana Menteri Narendra Modi, di New Delhi, dalam perjalanan pertamanya ke India setelah ia menjabat. Kedua pemimpin mengadakan serangkaian pembicaraan, mulai dari ekonomi hingga kerja sama keamanan.

Kishida mengatakan rencana investasi akan membawa manfaat besar bagi sejumlah industri, mulai dari sektor pembangunan infrastruktur perkotaan hingga energi hijau.

Kishida juga mengatakan kedua belah pihak menegaskan kembali komitmen Jepang dan India untuk memperkuat hubungan keamanan di seluruh kawasan Indo-Pasifik, dan mengadakan diskusi tentang krisis yang sedang berlangsung di Ukraina.

India mengatakan hubungan dengan Jepang adalah kunci stabilitas di kawasan itu.

India dan Jepang, bersama dengan Amerika dan Australia, adalah anggota aliansi Indo-Pasifik yang dikenal sebagai “Segi Empat” yang bertujuan untuk mengatasi pengaruh Cina yang meningkat di Asia.

India adalah satu-satunya anggota “Segi Empat” yang tidak mengutuk invasi Rusia ke Ukraina. India telah menahan diri untuk tidak memihak dan tidak memberikan suara menentang Rusia di PBB, atau bahkan mengkritik Presiden Vladimir Putin.

Jepang, di sisi lain, telah memberlakukan sanksi keuangan untuk memblokir Rusia, termasuk pembatasan ekspor produk teknologi tinggi.

Investasi Jepang di India berjumlah $32 miliar antara tahun 2000 dan 2009, terutama di sektor mobil, listrik, telekomunikasi, kimia, asuransi dan farmasi.

Jepang juga mendukung pembangunan infrastruktur di India, termasuk proyek kereta api berkecepatan tinggi.

Data pemerintah menunjukkan perdagangan bilateral India dan Jepang pada 2019-2020 melampaui $11,87 miliar. Ekspor India ke Jepang berjumlah $3,94 miliar, sedangkan impor India dari Jepang berjumlah $7,93 miliar.

pemimpin “Segi Empat” pada bulan September mengumumkan bahwa Jepang akan bekerja dengan India dalam investasi $100 juta untuk vaksin dan obat-obatan COVID-19.

Kishida akan mengakhiri perjalanannya ke India pada Minggu (20/3). [em/ft]