Batiste Memenangkan Album of the Year di Grammy

0
105

Musisi multigenre Jon Batiste memenangkan penghargaan Album of the Year, pada upacara penghargaan Grammy, Minggu malam (3/4). Dalam acara yang menampilkan seruan dukungan dari Presiden Volodymyr Zelenskyy dari Ukraina, Batiste menerima total lima penghargaan.

Batiste yang memimpin band di acara tersebut Pertunjukan Terlambat dengan Stephen Colbert memenangkan penghargaan album terbaik untuk “We Are,” sebuah album jazz yang terinspirasi oleh gerakan Black Lives Matter.

Kemenangan Batiste lainnya termasuk video musik terbaik untuk Kebebasandan aransemen lagu terbaik untuk film animasi Pixar Jiwa.

Duo R&B Silk Sonic, yang menampilkan Bruno Mars dan Anderson Paak, memenangkan penghargaan lagu dan rekaman terbaik untuk hit mereka yang berjudul Biarkan Pintu Terbuka. Pasangan itu bangkit dari tempat duduk mereka dan menari perlahan sebelum naik ke panggung.

“Kami mencoba yang terbaik untuk tetap rendah hati pada saat ini,” canda Paak saat pasangan itu menerima penghargaan kedua mereka.

Olivia Rodrigo dengan penghargaan Grammy untuk “Artis Pendatang Baru Terbaik” dan “Penampilan Solo Pop Terbaik” untuk lagunya “Drivers License,” pada Penghargaan Grammy Tahunan ke-6 di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Nevada, AS, 3 April 2022 (REUTERS/Steve Marcus)

Penyanyi remaja Olivia Rodrigo dengan albumnya Kecut, memenangkan tiga penghargaan, termasuk artis pendatang baru terbaik. “Ini adalah mimpi terbesar saya yang menjadi kenyataan. Terima kasih banyak!” kata Rodrigo saat memegang penghargaan.

Di tengah acara, pembawa acara Trevor Noah memperkenalkan pesan video dari Zelenskyy, membandingkan kegembiraan yang ditemukan melalui musik dengan kehancuran yang disebabkan oleh invasi Rusia ke negaranya lebih dari sebulan yang lalu.

“Apa yang lebih bertentangan dengan musik? Keheningan kota-kota yang hancur dan orang-orang yang terbunuh,” kata Zelenskyy, yang mengenakan T-shirt hijau dan terdengar serak. “Isi keheningan dengan musik Anda,” tambahnya. “Dukung kami dengan cara apa pun yang Anda bisa. Apa pun, tapi jangan diam.”

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy berbicara kepada hadirin dan hadirin di Grammy Awards Tahunan ke-64 tentang invasi Rusia ke Ukraina dalam sebuah video yang ditampilkan pada malam penghargaan Grammy di Las Vegas, Nevada, AS, 3 April 2022. (REUTERS/Mario Anzuoni)

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy berbicara kepada hadirin dan hadirin di Grammy Awards Tahunan ke-64 tentang invasi Rusia ke Ukraina dalam sebuah video yang ditampilkan pada malam penghargaan Grammy di Las Vegas, Nevada, AS, 3 April 2022. (REUTERS/Mario Anzuoni)

Pidato tersebut didahului dengan penampilan oleh John Legend yang menampilkan dua musisi Ukraina dan seorang penyair Ukraina.

Penghargaan tertinggi Music ditunda dari Januari karena lonjakan kasus COVID-19 dan dipindahkan dari Los Angeles ke MGM Grand Garden Arena di Las Vegas. Bintang-bintang terlihat berjalan di karpet merah dan ribuan penonton tampak memadati area di sekitar mereka.

Band pop Korea BTS, fenomena global yang belum pernah memenangkan Grammy, kembali gagal memenangkan penghargaan. Tapi grup ini menampilkan performa oktan tinggi dengan lagu hit mereka Mentega.

Band rock Foo Fighters, yang drummernya Taylor Hawkins meninggal lebih dari seminggu yang lalu, memenangkan tiga penghargaan, termasuk album rock terbaik untuk Obat di Tengah Malam. Tak satu pun dari personel band muncul untuk menerima penghargaan.

Pemenang Grammy dipilih oleh sekitar 11.000 anggota voting dari Recording Academy.

Dalam kategori komedi, komedian Louis CK memenangkan album terbaik untuk Hormat kami Louis CKkomedi spesial pertamanya sejak dia mengaku melakukan pelecehan seksual pada 2017. [ab/uh]