Biden Bertemu Pemimpin NATO dan Uni Eropa di Brussel

0
136

Gedung Putih pada hari Selasa mengumumkan bahwa Presiden Joe Biden akan terbang ke Eropa minggu depan untuk pertemuan tatap muka dengan para pemimpin Eropa tentang invasi Rusia ke Ukraina.

Presiden akan bertemu dengan para pemimpin NATO dan Eropa di Brussel pada 24 Maret. Kunjungan ini menyusul kunjungan Wakil Presiden Kamala Harris ke Polandia dan Rumania – negara-negara anggota NATO di Eropa Timur – pekan lalu untuk membahas krisis pengungsi yang berkembang di Eropa timur akibat invasi Rusia.

Berbicara pada konferensi pers Selasa, juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan Biden berencana untuk menegaskan kembali “komitmen kuat” Amerika kepada sekutu NATO dan menilai di mana aliansi berdiri mengenai invasi Rusia ke Ukraina.

Psaki tidak mengkonfirmasi apakah Biden juga berencana melakukan perjalanan ke Polandia selama perjalanan tersebut, tetapi Menteri Luar Negeri Polandia Zbigniew Rau pada hari Selasa mengatakan kunjungan Biden “sangat mungkin” terjadi.

Psaki juga mengatakan bahwa meskipun presiden telah menandatangani RUU anggaran yang akan memberi Ukraina tambahan bantuan militer dan kemanusiaan senilai $13,6 miliar, Biden “tetap yakin bahwa zona larangan terbang akan meningkat,” dan pandangannya tentang pengiriman pesawat tempur. juga tidak berubah.

“Tidak ada yang berubah tentang analisis yang diberikan Departemen Luar Negeri minggu lalu, di mana mereka menilai bahwa karena tantangan dalam pengiriman dan dampak pengiriman ini, risikonya lebih besar daripada manfaatnya.”

Mengenai sanksi yang dikenakan Rusia pada sejumlah pejabat Gedung Putih – termasuk Psaki dan Biden – Psaki mengatakan “… tidak ada dari kami yang memiliki rekening bank yang tidak dapat kami akses, jadi kami akan bergerak maju.” [em/lt]