Blinken Menuju KTT G-7 dan Tur ke Asia Tenggara

0
145

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken akan memulai serangkaian pertemuan tatap muka dengan para menteri luar negeri dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) saat Amerika memajukan strategi ekonomi Indo-Pasifiknya.

Blinken akan melakukan perjalanan ke Inggris, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Hawaii dari 9 hingga 17 Desember, kata Departemen Luar Negeri dalam sebuah pernyataan, Rabu.

Untuk pertama kalinya, anggota ASEAN diundang untuk berpartisipasi dalam pertemuan dan pengembangan menteri luar negeri G-7 yang diadakan di kota Liverpool, Inggris, akhir pekan ini. G-7 adalah kelompok demokrasi terkaya di dunia, lebih dikenal sebagai Kelompok Tujuh.

Blinken dijadwalkan bertemu dengan beberapa rekannya di Asia Tenggara dalam pertemuan G-7 sebelum menuju kawasan Asia-Pasifik minggu depan.

Di Jakarta, beliau akan menyampaikan sambutan tentang pentingnya kawasan Indo-Pasifik dan menekankan pentingnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia.

Diplomat top AS kemudian menuju ke Malaysia dan Thailand di mana ia akan memajukan hubungan AS dengan negara-negara ini dan mengatasi tantangan bersama, termasuk COVID-19, membangun rantai pasokan yang tangguh, mengatasi krisis iklim, dan memastikan kawasan Indo-Pasifik yang bebas. dan terbuka.

Departemen Luar Negeri mengatakan Blinken akan “membahas memburuknya krisis di Burma” di setiap negara selama perjalanan panjang. Burma juga dikenal sebagai Myanmar, di mana militer merebut kekuasaan, menggulingkan pemerintah sipil dalam kudeta Februari lalu.

Perjalanan Blinken dilakukan saat pemerintahan Presiden Joe Biden ingin memulai “Kerangka Ekonomi Indo Pasifik” baru pada awal 2022. [my/jm]