Dewan Keamanan PBB Memilih untuk Mengadakan Pertemuan Majelis Umum tentang Ukraina

0
208

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Minggu (27/2) akan menggelar voting untuk menggelar sidang khusus darurat Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai invasi Rusia ke Ukraina. Para diplomat mengatakan, pemungutan suara akan dilakukan pada Senin (28/2).

Pemungutan suara oleh 15 anggota DK bersifat prosedural, sehingga tidak satu pun dari lima anggota tetap (Rusia, Cina, Prancis, Inggris, dan AS) dapat menggunakan hak veto mereka. Upaya itu akan membutuhkan sembilan suara untuk lolos dan kemungkinan akan tercapai, kata para diplomat.

Hanya 10 sesi khusus darurat Majelis Umum yang telah diadakan sejak 1950. Permintaan untuk sesi khusus Ukraina datang setelah Rusia pada Jumat (25/2) memveto rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB yang akan mengutuk invasi Moskow.

China, India, dan Uni Emirat Arab abstain, sedangkan 11 anggota lainnya memberikan suara mendukung.

Majelis Umum diperkirakan akan memberikan suara pada resolusi serupa setelah negara-negara berbagi posisi mereka pada sesi khusus darurat, kata para diplomat. Resolusi Majelis Umum tidak mengikat, tetapi memiliki kekuatan politik.

AS dan sekutunya berusaha mengumpulkan dukungan sebanyak mungkin untuk menunjukkan bahwa Rusia terisolasi secara internasional. [vm/ft]