Ekonomi AS Tumbuh Kuat 5,7% pada 2021

0
301

Ekonomi AS tumbuh 5,7% pada 2021, kenaikan tercepat sepanjang tahun sejak 1984, Departemen Perdagangan mengatakan Kamis.

Pertumbuhan tajam di ekonomi terbesar dunia itu menunjukkan ketahanannya, bahkan ketika Amerika berjuang untuk mengatasi dua varian baru virus corona yang telah melumpuhkan beberapa industri. Penyebaran varians ini telah menyebabkan masalah rantai pasokan untuk barang-barang konsumen yang terkadang membuat rak-rak toko kosong dan lonjakan harga konsumen sebesar 7% dari tahun sebelumnya yang merupakan lonjakan tertinggi dalam empat dekade.

Tetapi untuk tahun ini, rekor 6,4 juta pekerjaan diciptakan dan sebagian besar pekerjaan yang hilang akibat pandemi pada awal 2020 telah pulih.

Analis mengatakan pertumbuhan ekonomi mungkin melambat pada Januari karena varian omicron, karena ribuan pekerja yang sakit, seringnya pembatalan penerbangan, pembatasan aktivitas bisnis dan kembalinya pembatasan pembelajaran di kelas di beberapa sekolah dan universitas.

Namun pemerintah mengatakan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan masih terlihat kuat pada kuartal Oktober-Desember, dengan peningkatan tahunan sebesar 6,9%, tiga kali lipat dari kecepatan 2,3% pada periode Juli-September.

Perekonomian negara yang kuat pada hari Rabu mendorong pembuat kebijakan Federal Reserve AS untuk mengumumkan bahwa mereka akan menaikkan suku bunga acuan mereka pada awal Maret setelah mempertahankannya mendekati nol persen sejak virus corona pertama kali menyerang Amerika pada Maret 2020. Bank sentral masih dapat menaikkan suku bunga, yang akan memiliki dampak luas pada biaya pinjaman konsumen dan bisnis, beberapa kali lagi tahun ini. [my/jm]