India akui ‘tidak sengaja’ menembakkan rudal ke wilayah Pakistan

0
121

India pada Jumat (11/3) mengkonfirmasi penembakan rudal yang tidak disengaja ke wilayah saingannya Pakistan, menyebut insiden itu “sangat disesalkan”.

Konfirmasi itu datang lebih dari sehari setelah militer Pakistan mengatakan sebuah rudal supersonik tanpa muatan amunisi telah jatuh ke wilayahnya Rabu malam, merusak properti sipil tetapi tidak menimbulkan korban.

Para pejabat Pakistan menuntut penjelasan dari New Delhi atas tindakan tidak bertanggung jawab yang dapat mengancam keamanan kawasan itu.

Sebuah pernyataan resmi India pada hari Jumat menjelaskan bahwa saat melakukan perawatan rutin, kerusakan teknis telah mengakibatkan penembakan rudal yang tidak disengaja. Ia menambahkan bahwa pemerintah India telah menganggapnya serius dan memerintahkan penyelidikan tingkat tinggi atas insiden ini.

“Sudah diketahui bahwa rudal itu jatuh di wilayah Pakistan,” kata pernyataan itu. “Meskipun kejadian ini sangat disesalkan, ada juga perasaan lega karena tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan ini.”

Penasihat Keamanan Nasional Pakistan Moeed Yusuf langsung melontarkan pertanyaan dan mengkritik pernyataan India tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Islamabad mengatakan bahwa butuh lebih dari dua hari bagi New Delhi untuk mengakui bahwa ini adalah rudal mereka yang diluncurkan secara tidak sengaja karena kerusakan teknis selama perawatan rutin.

“Dunia harus memperlakukan insiden ini dengan urgensi, dengan kepekaan dan perhatian yang tepat,” tuntut Yusuf.

Selain itu, New Delhi harus menyelidiki untuk menyimpulkan bahwa ini adalah peluncuran yang tidak disengaja atau ada motif di baliknya. [jm/pp]