Indonesia-Malaysia Tandatangani Perjanjian Buruh Migran

0
120

Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Jakarta, Jumat (1/4), dan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman tentang perlindungan pekerja migran Indonesia di Malaysia.

Kesepakatan yang ditandatangani oleh Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia dan Menteri Tenaga Kerja Indonesia tersebut akan mengatur penggunaan sistem satu saluran untuk seluruh proses penempatan, pemantauan, dan pemulangan pekerja migran Indonesia di Malaysia.

“Buruh migran Indonesia telah banyak berkontribusi dalam pembangunan ekonomi di Malaysia, sehingga wajar jika mereka mendapatkan hak dan perlindungan maksimal dari kedua negara,” kata Jokowi dalam konferensi pers bersama usai berbincang dengan Yaakob.

Malaysia merupakan salah satu tujuan utama para pekerja migran Indonesia. Pada 2019, ada lebih dari 79.000 pekerja migran Indonesia yang bekerja di Malaysia. Jumlah tersebut menurun pada tahun 2020 dan 2021.

“MoU ini akan memastikan bahwa semua proses rekrutmen dan perlindungan TKI akan dilakukan secara komprehensif oleh pihak-pihak terkait berdasarkan hukum yang berlaku di kedua negara,” kata Yaakob.

Widodo menambahkan bahwa kedua negara juga sepakat untuk membahas masalah perdagangan manusia, termasuk penegakan hukum. [ab/uh]