Inggris akan Menyerukan ‘Perubahan Signifikan’ pada Protokol Irlandia Utara

0
16

Inggris akan memberi tahu UE lagi minggu depan bahwa “perubahan signifikan” pada protokol Irlandia Utara penting untuk pemulihan hubungan baik antara London dan Brussels.

Protokol tersebut merupakan bagian dari kesepakatan Brexit yang dinegosiasikan Perdana Menteri Boris Johnson dengan Uni Eropa. Namun, London mengatakan protokol tersebut harus dikerjakan ulang kurang dari setahun setelah berlaku karena hambatan yang dihadapi bisnis saat mengimpor barang-barang Inggris ke provinsi tersebut.

Wakil Presiden Komisi Eropa Maros Sefcovic, yang mengawasi hubungan pasca-Brexit dengan Inggris, mengatakan Kamis bahwa eksekutif UE akan menyelesaikan upaya minggu depan untuk mengatasi masalah perdagangan pasca-Brexit di Irlandia Utara sebelum akhir tahun. atau awal 2022.

Namun, Sefcovic menekankan bahwa dia tidak akan merundingkan kembali protokol tersebut dan bahwa solusi harus ditemukan dalam ketentuan perjanjian yang dirancang untuk mempertahankan perbatasan terbuka antara Irlandia Utara, dan Irlandia yang merupakan anggota Uni Eropa.

Upaya Komisi Eropa itu rencananya akan disampaikan pada Rabu (13/10). [vm/ft]