Investigasi Kelompok Kanan Ekstrim di Jerman, 4 Ditangkap

0
127

Pihak berwenang Jerman pada Rabu menangkap empat tersangka anggota kelompok ekstrem kanan dalam penyelidikan yang menargetkan beberapa organisasi ekstremis.

Keempat pria tersebut, yang diidentifikasi hanya sebagai Leon R., Maximilian A., Eric K. dan Bastian A., ditahan di Jerman Tengah, kata Kantor Kejaksaan Federal.

Kantor tersebut mengatakan keempatnya adalah anggota terkemuka dari kelompok olahraga tempur Knockout 51, yang secara teratur berlatih di markas lokal partai sayap kanan kecil di kota Eisenach dan bertujuan untuk mengindoktrinasi para pemuda dan melatih mereka dalam perkelahian jalanan.

Menurut Kantor Kejaksaan Federal, Knockout 51, yang memiliki hubungan dengan tokoh sayap kanan di bagian lain Jerman, berusaha mendirikan komunitas Nazi di Eisenach. Sejumlah anggota rombongan dilaporkan melukai beberapa orang, dan mengikuti berbagai protes terhadap pembatasan terkait pandemi virus corona.

Secara keseluruhan, 61 properti di berbagai wilayah Jerman digerebek pada Rabu (5/4). Kantor kejaksaan juga mengatakan sedang menyelidiki 21 orang yang dicurigai membela keberadaan Combat 18 Deutschland setelah pihak berwenang Jerman menyatakannya sebagai organisasi terlarang.

Kantor Kejaksaan Federal Jerman mengatakan pihaknya juga sedang menyelidiki 10 orang yang dicurigai sebagai anggota atau mendukung sebuah organisasi bernama Atomwaffen Division Deutschland. Kantor tersebut menggambarkan organisasi tersebut sebagai kelompok teroris dan Divisi Atomwaffen cabang Jerman, kelompok supremasi kulit putih yang telah ada di AS sejak 2015. Leon R. adalah salah satu tersangka dalam kasus tersebut.

Lima orang Jerman lainnya juga sedang diselidiki untuk SKD 1418, grup obrolan online ekstrem kanan yang aktif pada 2019 dan 2020. [ab/uh]