Israel Memperingati Hari Holocaust

0
62

Sirene terdengar menggema di seluruh Israel pada Kamis (28/4) pagi, saat negara itu menggelar ritual tahunan untuk menghormati 6 juta orang Yahudi yang tewas dalam Holocaust.

Orang-orang sepertinya menghentikan aktivitasnya untuk sementara waktu. Pengemudi bahkan menghentikan mobil mereka untuk keluar dari kendaraan dan menundukkan kepala untuk mengenang para korban genosida Nazi.

Upacara peringatan diperkirakan berlangsung sepanjang Kamis, di berbagai tempat, termasuk parlemen.

Israel didirikan pada tahun 1948 sebagai tempat perlindungan bagi orang Yahudi setelah Holocaust. Sekitar 165.000 orang yang selamat dari tragedi itu diperkirakan masih tinggal di sana.

Presiden Israel Reuven Rivlin memberikan penghormatan selama upacara peletakan karangan bunga menandai Hari Peringatan Holocaust di Warsawa Ghetto Square di memorial Yad Vashem di Yerusalem, 8 April 2021. (Foto: Maya Alleruzzo via REUTERS)

Memimpin peringatan Holocaust di Yad Vashem Memorial, Perdana Menteri Israel Naftali Bennett Rabu malam meminta dunia untuk berhenti membandingkan Holocaust dengan peristiwa lain dalam sejarah. Dia berbicara setelah presiden Ukraina dan Rusia menyamakan perang mereka yang sedang berlangsung dengan genosida selama Perang Dunia II.

‚ÄúSeiring berjalannya waktu, semakin banyak wacana di dunia yang membandingkan peristiwa sulit lainnya dengan Holocaust. Tapi itu tidak sama,” ujarnya. “Tidak ada peristiwa dalam sejarah, betapapun kejamnya, yang sebanding dengan pemusnahan orang-orang Yahudi Eropa oleh Nazi dan kolaborator mereka.”

Dia juga memperingatkan rakyat Israel untuk tidak membiarkan perbedaan yang mendalam memecah belah bangsa. Pidato tersebut, yang disampaikan pada salah satu hari paling khidmat Israel tahun ini, juga datang dalam konteks yang sangat pribadi. Pada hari Selasa, keluarganya menerima surat yang berisi peluru tajam dan ancaman pembunuhan. Pihak berwenang Israel telah memperketat keamanan di sekitar kediaman perdana menteri dan keluarganya dan sedang menyelidiki ancaman tersebut.

Israel berusaha keras untuk mengingat para korban Holocaust dan menjadikan mereka yang selamat sebagai pahlawan. Restoran dan tempat hiburan ditutup pada peringatan Holocaust, radio memutar musik muram, sementara stasiun TV mencurahkan program mereka untuk dokumenter dan materi terkait Holocaust lainnya. [ab/uh]