Jerman Dapat Menghentikan Impor Minyak Rusia Tahun Ini

0
67

Kanselir Olaf Scholz mengatakan Jumat bahwa Jerman dapat mengakhiri impor minyak Rusia tahun ini. Langkah ini menandakan urgensi yang mendorong ekonomi terbesar Eropa untuk melepaskan diri dari energi Moskow setelah invasinya ke Ukraina.

Scholz menanggapi pertanyaan wartawan tentang apakah dia malu karena negara-negara Uni Eropa membayar Rusia miliaran euro untuk bahan bakar fosil.

“Kami secara aktif bekerja untuk menjadi independen dari impor minyak (Rusia) dan kami pikir kami akan dapat melakukannya tahun ini,” kata Scholz pada konferensi pers di London dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Uni Eropa pekan lalu menyetujui sanksi baru terhadap Rusia, termasuk memberlakukan larangan impor batu bara mulai Agustus. Jerman telah mengintensifkan upaya untuk mengurangi paparannya terhadap impor energi Rusia setelah invasi Moskow ke negara tetangga Ukraina pada 24 Februari.

Moskow menyebut serangannya sebagai “operasi militer khusus” untuk mendemiliterisasi tetangganya. Pendukung Ukraina dan negara-negara Barat menyebut langkah itu sebagai dalih untuk invasi yang tidak beralasan.

Minyak Rusia sekarang menyumbang 25 persen dari impor Jerman, turun dari 35 persen sebelum invasi, dan volume impor gas telah dikurangi menjadi 40 persen dari 55 persen. Impor batu bara Rusia turun menjadi 25 persen dari 50 persen sebelum invasi.

Penghentian impor gas Rusia lebih berat bagi Jerman, yang pada kuartal pertama menerima 40 persen pengiriman dari Rusia. Berlin ingin memotong pangsa gas Rusia menjadi 24 persen musim panas ini. Tetapi akan memakan waktu hingga musim panas 2024 bagi ekonomi terbesar Eropa untuk mengakhiri ketergantungannya pada gas Rusia.

“Kami secara aktif bekerja untuk menjadi independen dari kebutuhan impor gas dari Rusia,” kata Scholz.

“Ini, seperti yang Anda bayangkan, tidak semudah itu karena membutuhkan infrastruktur yang harus dibangun terlebih dahulu. Jadi jalur pipa ke pantai utara Jerman, kemungkinan pelabuhan regasifikasi misalnya kapal LNG dapat memasok gas. jaringan di Jerman.”

Lembaga ekonomi DIW mengatakan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Jumat bahwa Jerman mungkin dapat mengamankan pasokan gas yang cukup untuk musim dingin mendatang tanpa impor dari Rusia melalui kombinasi pemasok alternatif dan langkah-langkah penghematan energi yang drastis. [ah/lt]