Jerman Pilih Ketua Parlemen Baru, Merkel Mundur dari Kanselir

0
57

Untuk pertama kalinya sejak pemilihan bulan lalu, Bundestag, majelis rendah parlemen Jerman, bertemu Selasa dan memilih ketua baru dari Partai Sosial Demokrat (SPD) kiri-tengah. Baerbel Bas menang untuk memimpin badan dengan 736 anggota.

Bas, 53, dari Duisburg, Jerman barat, telah menjadi anggota Bundestag sejak 2009. Dia menjabat sebagai wakil ketua kelompok parlemen SPD di parlemen terakhir, serta juru bicaranya untuk kesehatan, pendidikan dan penelitian.

Setelah menang, mengingat keragaman parlemen baru, Bas mendesak sesama anggota parlemen untuk “menjangkau banyak orang di negara ini, terutama mereka yang telah lama merasa diabaikan oleh politik.”

Kanselir Jerman Angela Merkel menghadiri pertemuan tersebut. Karena dia bukan lagi anggota parlemen, dia menonton dari galeri pengunjung. Merkel telah menjabat sebagai kanselir Jerman selama 16 tahun terakhir.

Juga pada hari Selasa, Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier akan secara resmi memecat Merkel dan kabinetnya, meskipun mereka akan diminta untuk tetap di sana dalam kapasitas sementara sampai pemerintahan baru terbentuk.

SPD memenangkan kursi terbanyak dalam pemilihan parlemen, tetapi gagal memenangkan mayoritas. Partai bekerja sama dengan lingkungan Hijau dan Demokrat Bebas pro-bisnis untuk membentuk pemerintahan baru. [ka/jm]