Kasus-kasus Virus Corona Baru Berkurang dalam AS

0
501

Angka urusan virus corona baru di AS telah berkurang menjadi di kolong 100 ribu dalam beberapa keadaan belakangan, tapi seorang pejabat kesehatan pada Minggu (14/2) memperingatkan bahwa pandemi masih belum terkendali.

AS, dengan kematian & infeksi akibat COVID-19 paling penuh dibanding negara manapun di dunia, telah mencatat lebih dari 200 ribu kasus baru setiap hari pada Desember. Menurut Universitas Johns Hopkins, angka itu membengkak menjadi 250 ribu per hari dalam Januari,

Namun di dalam Jumat (12/2) dan Sabtu (13/2), angka kasus-kasus baru menurun ke bawah 100. 000 setiap hari.

Tetap saja, Penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit ( Centers for Disease Control and Prevention/CDC ) Dr. Rochelle Walensky, memperingatkan kalau angka terbaru itu, termasuk satu. 500 hingga 3. 500 janji per hari, 2, 5 kala lebih besar dibandingkan data musim panas lalu.

Dia mengatakan kepada stasiun NBC , “Memang cukup membesarkan hati melihat trennya menurun, tapi angka ini turun dari tingkat dengan sangat tinggi. ”

Walensky mengatakan varian baru virus corona yang ditemukan di negeri2 lain dan kini di GANDAR, kemungkinan akan menimbulkan lebih banyak kasus dan lebih banyak kematian.

“Kita tidak bisa lengah, ” katanya. “Kita harus terus pakai masker. Kita kudu melanjutkan upaya mitigasi sekarang itu. Dan kita harus segera divaksinasi apabila vaksinnya tersedia bagi kita. ”

Data Johns Hopkins menunjukkan, AS telah mencatat lebih dari 27, 6 juta kasus dan lebih dari 484 ribu kematian. [vm/pp]