Kepala IAEA Tiba di Teheran Saat Kesepakatan Nuklir Iran “Ditutup”

0
199

Kepala pengawas nuklir PBB tiba di Teheran Jumat di tengah harapan menghidupkan kembali kesepakatan 2015 antara Iran dan kekuatan dunia, dengan Inggris mengatakan itu “dekat” dengan kesepakatan.

Kunjungan kepala Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) Rafael Grossi, yang dijadwalkan bertemu dengan pejabat Iran pada Sabtu, dipandang penting untuk mencapai kesepakatan tentang kembalinya kesepakatan nuklir dan bersamaan dengan negosiasi di Austria. modal untuk menyelamatkan kesepakatan.

Setibanya di Teheran, Grossi “diterima oleh Behrouz Kamalvandi, juru bicara Organisasi Energi Atom Iran,” kata badan Iran itu dalam sebuah pernyataan di situsnya. Grossi akan bertemu dengan pimpinan organisasi pada Sabtu (5/3).

“Ini adalah momen kritis tetapi hasil positif untuk semua mungkin terjadi,” tulis Grossi di Twitter pada Jumat pagi.

Beberapa hari ke depan secara luas dilihat sebagai titik kritis untuk negosiasi program nuklir Iran – putaran terakhir yang dimulai pada akhir November di Wina.

“Waktunya sudah dekat. Negosiator E3 meninggalkan Wina sebentar untuk memberi tahu para menteri tentang keadaan negosiasi,” kata kepala delegasi Inggris Stephanie Al-Qaq Jumat, merujuk pada negosiator dari Inggris, Prancis dan Jerman.

Stephanie menambahkan bahwa mereka “siap untuk segera kembali.”

Bersama dengan rekan-rekan dari China, Iran dan Rusia, mereka telah mengambil bagian dalam putaran terakhir pembicaraan di ibukota

Austria sejak akhir November, ketika AS berpartisipasi secara tidak langsung.

Grossi berjanji awal pekan ini bahwa IAEA “tidak akan pernah meninggalkan” upayanya untuk membuat Iran mengklarifikasi keberadaan bahan nuklir di beberapa lokasi yang tidak diumumkan di masa lalu.

Iran mengatakan menutup penyelidikan diperlukan untuk mencapai kesepakatan tentang kesepakatan nuklir.

Grossi diperkirakan akan mengadakan konferensi pers sekembalinya ke Wina. [mg/pp]