Kongres Nyatakan Sidang Pemakzulan Trump Konstitusional

0
510

Dengan suara 56 banding 44, Senat menyatakan sesi pengadilan pemakzulan Donald Trump ialah konstitusional dan akan terus berlanjut.

Pemungutan suara tersebut dilakukan setelah adu argumen semasa empat jam antara tim pengaruh hukum Trump dan manajer pemakzulan dari faksi Demokrat, yang memperhitungkan mantan presiden itu telah menghasut terjadinya aksi kerusuhan di gedung Kongres pada 6 Januari lulus.

Pengacara Trump mengucapkan sidang itu tidak konstitusional karena Trump sudah tidak lagi menjabat. Sementara faksi Demokrat merujuk preseden dan opini banyak pakar kaidah, termasuk yang konservatif, yang mengutarakan sidang itu sah.

Manajer pemakzulan berhasil mendapatkan utama dukungan suara dari Partai Republik, yaitu Senator Bill Cassidy dari negara bagian Louisiana. Dua minggu lalu, Senator Cassidy memberikan perkataan untuk menolak sidang itu, tetapi pada Selasa (9/2), ia menanggung faksi Demokrat untuk melangsungkan konvensi itu.

Cassidy bersatu dengan anggota-anggota Partai Republik yang lain yang juga mengambil langkah serupa, yaitu Senator Susan Collins daripada negara bagian Maine, Lisa Murkowski dari negara bagian Alaska, Ben Sasse dari negara bagian Nebraska, Pat Toomey dari negara arah Pennsylvania dan Mitt Romney sejak negara bagian Utah. [em/lt]