KTT Khusus ASEAN-Amerika Digelar Bulan Depan

0
69

Para pemimpin negara anggota ASEAN dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan menggelar konferensi tingkat tinggi (KTT) khusus ASEAN-Amerika pada 12-13 Mei di ibu kota Washington, Amerika Serikat.

KTT tersebut akan menjadi pertemuan fisik pertama antara para pemimpin ASEAN dan seorang presiden Amerika sejak 2017. Biden hadir pada KTT ASEAN-Amerika tahun lalu yang diadakan secara virtual

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah. (Foto: Kementerian Luar Negeri)

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan kepada VOA, Minggu (17/4), bahwa jadwal KTT ASEAN-Amerika telah disepakati kedua belah pihak.

“Agenda besarnya adalah perayaan 45 tahun kemitraan ASEAN-Amerika Serikat. Topik yang akan dibahas antara lain upaya bersama dalam penanganan pandemi (COVID-19), kerja sama di bidang kesehatan, pendidikan, upaya pemulihan ekonomi, diskusi tentang berbagai tantangan geopolitik di kawasan dan global,” kata Faizasyah.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden berbicara dalam pertemuan virtual KTT ASEAN - Asia Timur di sela-sela KTT Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dengan para pemimpin, Rabu, 27 Oktober 2021. (Foto: via AP)

Presiden Amerika Serikat Joe Biden berbicara dalam pertemuan virtual KTT ASEAN – Asia Timur di sela-sela KTT Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dengan para pemimpin, Rabu, 27 Oktober 2021. (Foto: via AP)

Faizasyah meyakini, sesuai dengan kesepahaman yang telah terjalin di antara ASEAN, Myanmar akan mengirimkan perwakilan non-politiknya ke KTT ASEAN-Amerika.

Faizasyah menegaskan, KTT ASEAN-Amerika tahun ini sangat penting karena bertepatan dengan peringatan 45 tahun kemitraan ASEAN dengan Amerika. Pertemuan ini juga untuk membangun kesamaan visi hubungan kedua pihak di masa depan.

Peneliti Hubungan Internasional dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Nanto Sriyanto mengatakan ada pergeseran agenda pada KTT ASEAN-Amerika di mana isu keamanan tidak lagi menjadi isu utama, tetapi juga akan membahas isu-isu ekonomi seperti pertumbuhan ekonomi setelahnya. pandemi COVID-19.

Penyelenggaraan KTT ini bertepatan dengan dimulainya perang Rusia-Ukraina sejak Februari.

Namun, Nanto memperkirakan ASEAN akan menolak konflik Rusia-Ukraina untuk dimasukkan dalam agenda pembahasan KTT ASEAN-Amerika. Dia yakin Myanmar tidak akan mengirim perwakilannya ke pertemuan itu, seperti yang terjadi tahun lalu.

Seorang wanita melewati bendera KTT ASEAN di Suntec Convention Center di Singapura, 11 November 2018. (Foto: REUTERS/Edgar Su)

Seorang wanita melewati bendera KTT ASEAN di Suntec Convention Center di Singapura, 11 November 2018. (Foto: REUTERS/Edgar Su)

Menurut dia, ASEAN akan melanjutkan kesepakatan dengan Amerika meski tanpa kehadiran perwakilan non-politik dari Myanmar.

“Bagi ASEAN, kepentingannya adalah mendorong sikap Amerika untuk memperkuat (kerja sama) di sisi non-keamanan atau di sisi ekonomi dan pembangunan. Di sisi Amerika bagaimana mengembangkan kawasan Indo Pasifik, bukan hanya dari sisi keamanan. perspektif,” kata Nanto.

Menurut Nanto, KTT ASEAN-Amerika bulan depan akan digunakan sebagai upaya untuk menghasilkan jaminan komitmen bahwa kehadiran Amerika di Asia Tenggara adalah untuk kepentingan kawasan, tidak hanya dari perspektif masing-masing pihak.

Foto udara Pulau Pagasa, salah satu pulau di kepulauan Spratly yang disengketakan, Laut Cina Selatan (foto: doc).

Foto udara Pulau Pagasa, salah satu pulau di kepulauan Spratly yang disengketakan, Laut Cina Selatan (foto: doc).

Jika memang masalah Laut China Selatan akan dibahas dalam KTT ASEAN-Amerika, lanjutnya, yang perlu dibahas adalah upaya mendorong kerja sama di sektor keamanan tradisional untuk mengurangi ketegangan di Laut China Selatan. Namun jika dilihat dari agendanya, Nanto memperkirakan masalah Laut China Selatan tidak akan dibahas.

Berdasarkan data Sekretariat ASEAN, Amerika merupakan mitra dagang terbesar kedua bagi ASEAN setelah China. Nilai investasi Amerika di ASEAN pada tahun 2020 adalah $35 miliar.

Indonesia saat ini menjadi koordinator hubungan ASEAN dan Amerika. [fw/ah]