Kucing Penyiksaan, Pesepakbola Kurt Zouma Denda, Kontrak Sponsor Dihentikan

0
276

Pesepakbola Kurt Zouma didenda dua minggu gaji oleh klubnya West Ham United dan kehilangan kontrak sponsornya dengan Adidas setelah tertangkap dalam video menendang dan menampar kucing.

Sebuah badan amal kesejahteraan hewan mengambil alih dua kucing Zouma saat menyelidiki rekaman video yang sekarang beredar luas di media sosial dan memaksa pemain internasional Prancis itu untuk meminta maaf secara terbuka.

Belum diungkapkan berapa denda yang dijatuhkan, tetapi media Inggris melaporkan denda yang dijatuhkan oleh West Ham lebih dari $300.000.

Klub Liga Premier mengatakan “Kurt dan klub sepenuhnya bekerja sama dengan penyelidikan, dan pemain secara sukarela mematuhi langkah-langkah yang diambil pada tahap awal proses penyelidikan, termasuk dengan mengirim dua kucing keluarganya ke RSPCA untuk diperiksa.”

Organisasi Pecinta Hewan Selidiki Tindakan Zouma

Institute for the Prevention of Violence Against Animals (RSPCA), pada Rabu (9/2), mentweet bahwa mereka sedang “menyelidiki video viral kucing (penyiksaan), dan kedua kucing itu sekarang aman di bawah perlindungan mereka. Kami telah bekerja pada masalah ini sejak sebelum video ini menjadi viral secara online dan akan mengikuti proses hukum yang tepat dan tidak membahas ini lebih lanjut karena sesuai dengan Undang-Undang Peraturan Perlindungan Data Inggris (GDPR).”

West Ham dalam pernyataan yang dirilis pada Rabu (9/2) juga mengatakan bahwa “Kurt Zouma sangat menyesal, dan seperti semua orang di klub, sepenuhnya memahami kedalaman perasaan seputar insiden tersebut dan urgensi tindakan yang harus diambil.”

Klub mengatakan meskipun penyelidikan RSPCA sedang berlangsung “dan menunggu sanksi lebih lanjut dari hasil penyelidikan itu,” telah didenda “jumlah maksimum yang mungkin” dari gaji dua minggu.

Pernyataan itu juga menambahkan bahwa, “Zouma menerima denda yang dikenakan dan telah meminta agar denda disumbangkan ke badan amal kesejahteraan hewan.”

Beberapa Sponsor Menghentikan Dukungan

Beberapa jam setelah video Zouma mengejar, menampar, dan melempar kucing menjadi viral, produsen pakaian olahraga terkemuka Adidas mengatakan telah menyelesaikan penyelidikannya sendiri dan memutuskan untuk tidak lagi “mengontrak” Zouma.

West Ham juga mendapat tekanan dari sponsornya. Vitality, Rabu (9/2), mengatakan menangguhkan sponsornya sebagai mitra kesehatan resmi klub, dan akan berbicara dengan West Ham “untuk memahami tindakan apa yang akan mereka ambil untuk mengatasi situasi tersebut.”

Zouma telah menjadi starter untuk West Ham saat mereka mengalahkan Watford 1-0 di Liga Premier, Selasa (8/2) malam, beberapa jam setelah klub mengutuk keras tindakan bek. [em/pp]