Masjidil Haram di Mekah menghapus kebijakan jarak sosial

0
49

Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi, beroperasi dengan kapasitas penuh pada Minggu (17/10). Jemaah melakukan salat berjamaah tanpa menjaga jarak, pertama kali ini dilakukan sejak pandemi virus corona dimulai.

Pekerja melepas stiker jarak sosial di lantai masjid yang dibuat untuk memandu orang menjaga jarak sosial di dalam dan sekitar Masjidil Haram.

“Ini sejalan dengan keputusan (pemerintah) untuk melonggarkan tindakan pencegahan dan memungkinkan jemaah Masjidil Haram berada dalam kapasitas penuh,” katanya. AFP, mengutip kantor berita resmi Kantor Pers Saudi.

Gambar dan rekaman yang diambil pada Minggu (17/10) pagi menunjukkan jamaah berdoa dalam jarak dekat, pertama kali sejak pandemi COVID-19 terjadi tahun lalu.

Sementara langkah-langkah jarak sosial dicabut, pihak berwenang mengatakan jamaah Masjidil Haram seharusnya divaksinasi terhadap COVID-19 dan harus terus memakai masker di halaman masjid.

Tapi Ka’bah tetap tertutup.

Arab Saudi mengumumkan pada bulan Agustus bahwa mereka akan mulai menerima peziarah asing yang divaksinasi untuk ziarah. [ah]