Menaiki Roket Blue Origin, Putri Astronot Alan Shepard Terbang ke Luar Angkasa

0
116

Putri sulung astronot AS Alan Shepard terbang ke luar angkasa dengan pesawat ruang angkasa Blue Origin milik Jeff Bezos pada Sabtu (11/12).

Peluncuran ini dilakukan 60 tahun setelah mendiang Shepard melakukan perjalanan ke luar angkasa bersama Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (Badan Penerbangan dan Antariksa/NASA).

Laura Shepard Churchley, 74, yang masih sekolah ketika ayahnya pergi ke luar angkasa untuk pertama kalinya, adalah salah satu dari enam penumpang di pesawat ruang angkasa itu. Shepard baru milik BlueOrigin. Kapsul itu lepas landas dari landasan peluncuran di luar Kota Van Horn, Texas.

Kapsul ruang angkasa enam lantai yang dapat mengemudi sendiri dirancang untuk mencapai ketinggian sekitar 106 kilometer sebelum turun ke Bumi dengan parasut untuk pendaratan yang mulus.

Total perjalanan dari lepas landas hingga mendarat adalah sekitar 10 menit. Para penumpang sempat merasa melayang dalam keadaan gravitasi nol.

Pesawat ruang angkasa itu bernama Shepard baru dinamai Alan Shepard, yang pada tahun 1961 membuat sejarah sebagai orang kedua di dunia, dan orang Amerika pertama, yang melakukan perjalanan ke luar angkasa. Satu dekade kemudian, Shepard berjalan di Bulan sebagai komandan misi Apollo 14.

Churchley terbang ke luar angkasa dengan penumpang kehormatan lainnya, Michael Strahan, 50, mantan bintang Liga sepak bola nasional (Liga Sepak Bola Amerika) dan penyiar “Selamat pagi america”. Selain keduanya, ada juga empat penumpang yang tidak terlalu terkenal, tetapi diperkirakan mereka membayar dalam jumlah yang sangat besar.

Mereka adalah eksekutif industri luar angkasa Dylan Taylor, insinyur-investor Evan Dick, pemodal ventura Lane Bess dan putranya yang berusia 23 tahun, Cameron Bess.. [vm/ft]