Microsoft Membeli Game Maker “Activision Blizzard” seharga $70 Miliar

0
306

Microsoft membeli perusahaan “Activision Blizzard” senilai $70 miliar, pembuat game Candy Crush’ dan ‘Call of Duty’, karena Microsoft mencari keunggulan dalam game mobile yang kompetitif dan bisnis teknologi virtual-reality.

Kesepakatan tunai $68,7 miliar akan mengubah Microsoft, pembuat sistem game Xbox, menjadi salah satu perusahaan video game terbesar di dunia. Ini akan membantu Microsoft bersaing dengan saingan teknologi seperti Meta (sebelumnya Facebook), dalam menciptakan dunia virtual yang menghasilkan gambar tiga dimensi, baik untuk bekerja maupun bermain.

Jika kesepakatan itu disetujui oleh regulator Amerika dan Eropa dalam beberapa bulan mendatang, itu bisa menjadi salah satu akuisisi teknologi terbesar dalam sejarah. Sebelumnya, perusahaan komputer Dell membeli perusahaan penyimpanan data EMC pada tahun 2016 dengan harga sekitar $60 miliar.

Activision Blizzard telah diganggu selama berbulan-bulan oleh tuduhan pelanggaran dan gaji yang tidak memadai. Demikian disampaikan CEO Microsoft, Satya Nadella, Selasa dalam konferensi telepon dengan investor. [ps/lt]