Misi Shenzhou-13 Bergabung dengan Stasiun Luar Angkasa China

0
75

Pesawat ruang angkasa Shenzhou-13 China, yang membawa tiga astronot, merapat di stasiun luar angkasanya pada Sabtu (16/10), menandai dimulainya masa tinggal enam bulan yang memecahkan rekor saat negara itu bergerak untuk menyelesaikan pos terdepannya di orbit. Wahana antariksa itu diluncurkan dengan roket Long March-2F, Sabtu (16/10) pagi, dan merapat dengan modul inti Tianhe dari stasiun luar angkasa Tiangong sekitar enam setengah jam kemudian.

Misi tersebut, dengan dua pria dan satu wanita, adalah kru kedua yang tinggal di stasiun luar angkasa, yang diluncurkan April lalu. Awak pertama tinggal selama tiga bulan.

Mereka akan melakukan tiga pekerjaan di luar angkasa: memasang peralatan sebagai persiapan untuk memperluas stasiun, mempelajari kondisi kehidupan di modul Tianhe dan melakukan eksperimen di bidang kedokteran kedirgantaraan dan bidang lainnya.

Program luar angkasa yang dijalankan militer China berencana untuk mengirim kru besar ke stasiun selama dua tahun ke depan untuk membuatnya berfungsi penuh.

Awal tahun ini, wahana antariksa China, Tianwen-1, mendarat di Mars. China juga ingin mendaratkan manusia di bulan – dan mungkin membangun basis ilmiah di sana. [ka/rs]