Muslim Bosnia ‘Grabburit’ dengan Mendaki Bukit

0
54

Setiap hari Minggu selama bulan suci Ramadhan, Muslim Bosnia di kota Zenica mendaki bukit di kota itu untuk berbuka puasa.

Seperti Minggu (17/4) kemarin, sekelompok pendaki berjalan menyusuri lereng bukit berhutan sembari menikmati alam dan kebersamaan mereka.

“Setiap hari Minggu selama bulan Ramadhan, kami mendaki bukit yang indah seperti ini, tempat kami berbuka puasa di tempat-tempat seperti ini, di mana Anda dapat melihat seluruh kota Zenica. Pemandangannya sangat indah dan saya merasa luar biasa. Pemandangan ini dan kehadiran teman-teman membuat pengalaman ini luar biasa,” kata Imran Isak, salah satu pendaki.

Suasana buka puasa bersama selama bulan Ramadhan di Bosnia (foto: dok).

“Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan paling populer di kota Zenica, selama bulan Ramadhan. Puasa merupakan salah satu kewajiban di bulan Ramadhan, seperti halnya menikmati alam yang merupakan anugerah dari Allah SWT. Jadi kami menggabungkan dua kegiatan. berkat itu, orang-orang sangat senang karena proyek ini, dan kami akan mencoba untuk terus melakukannya di tahun-tahun mendatang,” tambah Afan Abazovic, Presiden Asosiasi Pendidikan Gunung Lokal.

Salah satu makanan yang dibawa pejalan kaki untuk berbuka puasa di puncak bukit adalah ‘lepina’, roti pipih bundar yang secara tradisional hanya dibuat dan dimakan selama bulan Ramadhan di Bosnia, kata pembuat roti lokal Smajo Omerdic.

“Lepina di Bosnia dan Herzegovina dibuat selama Ramadhan. Makanan ini dibuat untuk berbuka puasa hanya selama bulan Ramadhan. Kami tidak berhasil di lain waktu. Ini adalah tradisi di Bosnia dan Heregovina,” katanya.

Setelah sampai di puncak bukit, mereka beristirahat sejenak sambil menunggu matahari terbenam. Ketika Maghrib tiba, suara meriam yang ditembakkan ke kota menandakan berakhirnya puasa hari itu.

“Ini adalah meriam Ramadhan kami. Kami menyalakannya setiap hari saat matahari terbenam untuk mengumumkan waktu berbuka puasa Ramadhan,” kata Dzenis Imsirovic, Presiden Asosiasi Olahraga Lokal.

Bulan Ramadhan, ketika umat Islam juga memperingati turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad, akan berakhir pada 1 Mei tahun ini. [rd/jm]