Negara Baltik Dapat Mengirim Senjata AS ke Ukraina

0
187

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Sabtu (22/1) mengizinkan negara-negara Baltik, Estonia, Latvia, dan Lithuania, untuk mengerahkan rudal anti-tank dan anti-pesawat buatan AS ke Ukraina. Langkah itu dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan antara Ukraina dan tetangga Rusia.

“Saya mempercepat dan mengizinkan, dan kami sepenuhnya mendukung transfer alutsista oleh sekutu @NATO; Estonia, Latvia, Lithuania untuk memperkuat kemampuan Ukraina mempertahankan diri dari agresi Rusia yang tidak beralasan dan tidak bertanggung jawab,” cuit Blinken.

Blinken juga berterima kasih kepada bekas Republik Soviet dan anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (Organisasi Perjanjian Atlantik Utara/NATO),”atas dukungan setia mereka terhadap Ukraina.”

Pengumuman Blinken tentang pengiriman senjata datang sehari setelah AS dan Rusia tampaknya hanya membuat sedikit kemajuan dalam ketegangan di Ukraina. Baik AS dan Rusia meninggalkan pembicaraan tingkat tinggi pada hari Jumat dengan janji untuk melanjutkan dialog.

Negara-negara Barat menuntut agar Rusia menarik pasukan dan senjatanya dari perbatasan Ukraina, sementara Moskow mendesak NATO untuk membatasi operasinya di Eropa timur dan tengah, dan menuntut agar aliansi militer Barat menolak keanggotaan Ukraina.

Para pejabat AS mengatakan Rusia telah mengerahkan hampir 100.000 tentara di sepanjang perbatasan Ukraina, termasuk di Belarusia dan Krimea yang diduduki. [vm/ft]