Para pihak setuju untuk gencatan senjata untuk Yaman saat Ramadhan dimulai

0
118

Dalam terobosan besar, PBB pada Jumat (1/4) mengumumkan pihak-pihak yang berkonflik di Yaman telah menyepakati gencatan senjata selama dua bulan mulai Sabtu (2/4), hari pertama bulan suci Ramadhan, pukul 19.00 waktu setempat.

“Gencatan senjata ini harus menjadi langkah pertama untuk mengakhiri perang Yaman yang menghancurkan,” kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres kepada wartawan.

Dia mendesak para pihak untuk menggunakan kesempatan ini “untuk bekerja sama dengan itikad baik dan tanpa prasyarat” dengan utusan khususnya untuk melanjutkan proses politik Yaman yang inklusif dan komprehensif.

Pasukan yang setia kepada pemberontak Houthi Yaman selama parade militer di ibu kota Sanaa, 31 Maret 2022. (Foto: AFP)

“Tujuan akhir harus menjadi penyelesaian politik yang dinegosiasikan yang membahas keprihatinan dan aspirasi yang sah dari semua orang Yaman,” kata Guterres.

Utusan Khusus PBB Hans Grundberg, yang merundingkan gencatan senjata, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa para pihak telah sepakat untuk menghentikan semua operasi ofensif militer, darat dan laut di Yaman dan melintasi perbatasannya.

“Mereka juga menyetujui kapal bahan bakar memasuki pelabuhan Hodeida dan penerbangan komersial masuk dan keluar dari bandara Sana’a ke tujuan yang ditentukan di wilayah tersebut,” kata Grunberg. “Mereka selanjutnya, setuju untuk bertemu di bawah arahan saya untuk membuka jalan di Taiz dan provinsi lainnya di Yaman.”

Semua ini telah menjadi titik pertikaian utama antara pemerintah Presiden Abdu Rabu Mansour Hadi yang didukung Saudi dan pemberontak Houthi yang didukung Iran. Perang telah mendorong negara termiskin di kawasan itu ke jurang kehancuran.

Houthi menolak undangan dari Dewan Kerjasama Regional Teluk untuk menghadiri pertemuan tentang perang di Yaman awal pekan ini karena diadakan di Arab Saudi. Houthi lebih memilih negara netral.

Baik Saudi dan Houthi sebelumnya telah menawarkan gencatan senjata sepihak baru-baru ini. [my/pp]