Penguasa China Beberkan Rencana Pemilu di Hong Kong

0
422

Seorang penguasa kementerian Luar Negeri China untuk Hong Kong menguraikan “desain menyeluruh” mengenai transisi terhadap sistem pemilihan dalam kota itu pada hari Selasa (9/3).

Song Ru’an mengatakan pola baru akan “dipercayakan dengan fungsi baru memilih anggota Dewan Legislatif yang relatif besar, dan partisipasi langsung dalam pencalonan semua pengikut Dewan. ”

Sekarang ini, separuh dari anggota parlemen Hong Kong dipilih langsung, meskipun pengunduran diri massal para legislator oposisi untuk memprotes pelepasan empat kolega mereka sebab bersikap “tidak patriotik” melaksanakan badan itu sekarang praktis dikontrol sepenuhnya oleh para-para loyalis Beijing.

Pemimpin Hong Kong Carrie Lam, hari Senin (8/3), mengatakan pemerintah kota tersebut “menyambut baik sepenuhnya” perubahan-perubahan terhadap sistem pemilunya yang secara mendasar akan meningkatkan kontrol pemerintah pusat terhadap politik Hong Kong & mengecualikan pengecam Beijing.

Pihak berwenang China telah menyatakan draf keputusan yang dibuat oleh Kongres Rakyat Nasional China mau berarti sebagian besar premi pemilu yang anggotanya pro-Beijing, yang bertugas memilih atasan Hong Kong, juga bakal memilih sebagian besar bagian parlemen untuk memastikan praja itu dipimpin oleh “para patriot. ”

Komisi Pemilu juga hendak memiliki hak untuk menyaring para kandidat bagi Balai Legislatif, menyingkirkan orang-orang dengan dicurigai tidak cukup setia kepada China dan Partai Komunis yang berkuasa. [uh/ab]