Pesawat Mati, American Air 737 MAX Umumkan Keadaan Penting

0
436

American Airlines Co, Jumat (5/3), mengatakan bahwa penerbangan Boeing 737 MAX menuju Bandara Internasional Newark Liberty New Jersey sempat dalam bentuk darurat setelah kapten membekukan satu mesinnya. Tindakan tersebut dilakukan karena kemungkinan adanya masalah mekanis.

Meski demikian, maskapai tersebut mengatakan penerbangan 2555 Amerika dari Miami dengan 95 penumpang dan enam warga mendarat dengan selamat pada Newark tanpa insiden.

Reuters melaporkan masalah yang mungkin terjadi pada penerbangan itu terkait dengan tekanan oli mesin atau parameter volume dan tidak terkait dengan sistem MCAS. Maskapai mengatakan dua kecelakaan mematikan 737 MAX pada 2018 dan 2019 -yang membakar pesawat dilarang terbang semasa 20 bulan- diduga bersangkutan dengan sistem itu.

Boeing Co mengutarakan telah mengetahui hal tersebut dan Administrasi Penerbangan Federal (FAA) mengatakan akan menyelidikinya.

American Airlines adalah kongsi penerbangan AS pertama yang melanjutkan penerbangan 737 MAX mulai akhir tahun berantakan, menyusul persetujuan FAA untuk pembaruan keselamatan Boeing.

Ketika pesawat diizinkan untuk terbang lagi, eksekutif FAA Steve Dickson mengucapkan dia yakin bahwa jet itu aman, Namun dia memperingatkan bahwa masalah mekanis dalam penerbangan kadang-kadang terjadi pada semua pesawat komersial.

“Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri bahwa suatu saat dalam masa mendatang, sebuah Boeing 737 MAX akan kembali ke bandara asalnya, dialihkan, atau mendarat di wadah tujuan dengan sebenarnya atau diduga ada masalah di penerbangan, ” ujarnya.

FAA mengevaluasi seluruh peristiwa yang melibatkan kongsi penerbangan AS, katanya di saat itu, menambahkan: “Sangat penting untuk membedakan jarang peristiwa rutin yang berlaku dengan pesawat mana biar dan masalah keselamatan akut yang menyebabkan hilangnya menutup dan pelarangan terbang MAX. ” [ah]