PM Kepulauan Virgin Inggris Ditangkap di Miami Karena Impor Kokain

0
47

Perdana menteri Kepulauan Virgin Inggris (BVI) ditangkap di Miami pada hari Kamis atas tuduhan pencucian uang dan konspirasi untuk mengimpor kokain, menurut pengaduan Badan Penegakan Narkoba AS (DEA) yang ditinjau. Reuters.

Andrew Fahie, 51, ditangkap di bandara Miami bersama dengan direktur pengelola Otoritas Pelabuhan Luar Negeri Inggris, menurut pengaduan, yang mengutip kesaksian ekstensif dari seorang informan rahasia.

Menurut pengaduan DEA, Fahie telah setuju untuk mengizinkan informan, yang menyamar sebagai anggota kartel narkoba Meksiko Sinaloa, menggunakan pelabuhan BVI untuk mengirim kokain dengan imbalan pembayaran $500.000.

Penangkapan Fahie pertama kali diungkapkan oleh Gubernur BVI John Rankin.

“Saya sadar ini akan menjadi berita mengejutkan bagi orang-orang di Wilayah,” kata Rankin dalam sebuah pernyataan. “Dan aku ingin meminta ketenangan untuk saat ini.”

Fahie tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar, begitu pula pejabat dari Otoritas Pelabuhan BVI.

Administrator DEA Anne Milgram mengatakan penangkapan itu harus mengirimkan pesan yang jelas bahwa “siapa pun yang terlibat dalam membawa obat-obatan berbahaya ke AS akan dimintai pertanggungjawaban, terlepas dari posisi mereka.”

Pengaduan DEA menunjukkan bahwa penyelidikan, yang didasarkan pada pengamatan dan rekaman informan rahasia, dimulai Oktober lalu.

Menurut pengaduan, informan mengakui selama pertemuan dengan Fahie, direktur pelaksana pelabuhan BVI Oleanvine Maynard dan putranya, Kadeem Maynard, sebagai anggota kartel yang ingin memindahkan ribuan kilogram kokain Kolombia melalui pulau Tortola dan akhirnya ke Puerto Rico. untuk ekspor ke New York dan Miami.

Polisi hancurkan paket kokain sebelum narkoba dibakar di Panama City, 1 April 2016. (Foto: REUTERS/Carlos Jasso)

“Fahie setuju untuk mengizinkan sumber rahasia menggunakan pelabuhan untuk mengirimkan kokainnya,” kata pengaduan itu, menambahkan bahwa dia meminta pembayaran di muka sebesar $500.000 sebagai imbalannya.

Perdana menteri BVI juga meminta bantuan untuk melunasi utang $83 ribu kepada seorang pria di Senegal yang telah “mengatasi” beberapa masalah politik untuknya, kata pengaduan itu.

Fahie ditangkap di Miami setelah secara terpisah ditunjukkan tas belanja desainer di pesawat pribadi yang menunjukkan $700.000 untuknya dan Oleanvine Maynard, kata pengaduan itu.

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia “terkejut” dengan tuduhan tersebut. [uh/ab]