Potensi Serangan Teror di Virginia, KBRI DC Ingatkan Warga

0
164

Menyusul peringatan yang dikeluarkan oleh otoritas di Amerika Serikat tentang potensi serangan teror akhir pekan ini di negara bagian Virginia, KBRI Washington DC, Sabtu (30/10), mengeluarkan peringatan serupa melalui berbagai cara, antara lain: sosial media, bagi seluruh warga negara dan diaspora Indonesia.

Dalam pesan di Instagram, KBRI Washington DC mengingatkan warga dan diaspora Indonesia untuk tetap tenang “namun selalu meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian.”

Peringatan itu juga menggarisbawahi untuk “menghindari sementara Tysons Mall, Fair Oaks Mall dan Reston Town Center serta pusat perbelanjaan dan keramaian lainnya yang berpotensi menjadi sasaran aksi terorisme.”

Tiga pusat perbelanjaan yang disebutkan dalam keterangan tersebut merupakan mal terbesar di negara bagian Virginia bagian utara yang ramai dipadati warga pada akhir pekan, terutama menjelang Halloween 31 Oktober ini.

Pembeli membawa belanjaan mereka selama “Black Friday” di sebuah pusat perbelanjaan kelas atas di Tysons Corner, Virginia, 26 November 2010. (Foto: REUTERS/Jason Reed)

Dalam beberapa hari terakhir Polisi di Virginia Utara telah meningkatkan kehadiran mereka di sekitar pusat perbelanjaan yang sibuk, jalan-jalan dan area transit untuk mengantisipasi kemungkinan serangan teror. Beberapa media di Amerika secara terbuka menyebut potensi “serangan dari ISIS… berdasarkan peringatan waspada dari pasukan keamanan.”

Pada konferensi pers Jumat, Kepala Polisi Fairfax County Kevin Davis mengatakan “kami telah meningkatkan kehadiran di tempat-tempat di mana orang berbelanja, bersantai, hang out, makan. Ini adalah tanggung jawab kami untuk melakukan hal-hal yang rutin kami lakukan, ”katanya.

Pusat perbelanjaan Fair Oaks di Fair Oaks, Virginia.  (Foto: REUTERS/Larry Downing)

Pusat perbelanjaan Fair Oaks di Fair Oaks, Virginia. (Foto: REUTERS/Larry Downing)

Davis tidak merinci apa yang disebut potensi serangan teror, tetapi mengatakan ada banyak hal yang membuat polisi Virginia lebih waspada. “Kami akan mengadakan pemilihan (gubernur.red) pada Selasa (2/11) di mana kami akan meningkatkan patroli selama beberapa hari ke depan, ini yang kami lakukan sebagai lembaga yang mengutamakan keamanan publik,” katanya.

Stasiun radio terkemuka WTOP mengutip Departemen Kepolisian Kabupaten Arlington yang melaporkan bahwa “mereka telah menerima ancaman yang tidak ditentukan dan belum dikonfirmasi ke beberapa pusat perbelanjaan.” Polisi menyarankan agar warga yang berbelanja waspada saat melakukan aktivitas rutin, terutama saat berada di keramaian.

Polisi Kabupaten Prince William, Kabupaten Loudoun, dan Departemen Kepolisian Leesburg mengatakan mereka akan bekerja sama dengan sesama lembaga penegak hukum meskipun tidak ada ancaman khusus terhadap wilayah mereka.

KBRI Washington DC meminta seluruh warga negara dan diaspora Indonesia untuk mengikuti perkembangan informasi dari sumber resmi dan otoritas yang berwenang, serta menghubungi nomor hotline darurat 202-5697-996 atau 202-9144-090 jika terjadi keadaan darurat. [em/ah]