Ratu Elizabeth Dukung Rencana Beri Gelar ‘Ratu’ Camilla

0
275

London (AP) — Ratu Elizabeth II telah menyuarakan dukungan agar Duchess of Cornwall menjadi Ratu Camilla. Pesan tersebut menandai keputusan penting dalam membentuk masa depan kerajaan Inggris.

Dalam pidato untuk menandai 70 tahun takhta, Ratu mengungkapkan “harapannya yang tulus” bahwa Camilla akan diangkat sebagai “Permaisuri Ratu” atau “Permaisuri Ratu”, ketika Pangeran Charles, Pangeran Wales, naik takhta suatu hari nanti.

Pemberian berkah ini menandai perkembangan yang sangat signifikan.

“Suatu hari, ketika putra saya Charles menjadi raja, saya tahu Anda akan memberinya dan istrinya Camilla dukungan yang sama seperti yang Anda berikan kepada saya,” tulis sang Ratu. “Dan harapan tulus saya, ketika saatnya tiba, Camilla akan dikenal sebagai Permaisuri saat menjalankan tugas kerajaan.”

Ratu Elizabeth II (kiri) bersama Camilla, Duchess of Cornwall, tiba untuk menyaksikan pacuan kuda tahunan “Royal Ascot” di Ascot, Inggris (foto: doc).

Pesan itu mengakhiri ketidakpastian yang membayangi House of Windsor sejak perceraian Charles dari Putri Diana yang populer.

Butuh bertahun-tahun di Inggris untuk memaafkan Charles, pria yang mengakui ketidaksetiaannya (kepada Diana) sangat menyakiti “putri rakyat”, sebelum Diana tewas dalam kecelakaan mobil di Paris pada 1997. Namun sikap publik Inggris melunak setelah Charles menikah dengan Camila. Parker Bowles pada tahun 2005 dan dia menjadi Duchess of Cornwall. [vm/pp]