Rusia larang masuk ke PM Jepang

0
41

Rusia mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya telah melarang masuknya beberapa lusin pejabat Jepang, termasuk Perdana Menteri Fumio Kishida, setelah Tokyo bergabung dengan banyak negara di dunia dalam mengajukan saksi terhadap Moskow atas invasi militernya ke Ukraina.

“Pemerintah Fumio Kishida meluncurkan kampanye anti-Rusia yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan membiarkan retorika anti-Rusia, termasuk fitnah dan ancaman langsung, berkembang,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan.

“Sikap ini juga diamini oleh tokoh masyarakat, pakar, media. Mereka mendukung penuh sikap Barat terhadap negara kita,” tambah kementerian itu.

Pernyataan itu mengatakan Tokyo mengambil “langkah-langkah praktis yang bertujuan merusak hubungan bertetangga yang baik, menghancurkan ekonomi Rusia dan citra internasional internasionalnya.”

Kementerian mengatakan larangan masuk terhadap 63 warga negara Jepang – termasuk perdana menteri, anggota kabinet, anggota parlemen, jurnalis dan profesor – berlaku tanpa batas waktu. [ab/uh]