Sepakati Kerjasama Keamanan, Hubungan AS-Meksiko Memasuki Babak Baru

0
14

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan kerangka keamanan baru antara AS dan Meksiko yang sekarang sedang dirancang “menandai awal babak baru” dalam kerja sama keamanan antara kedua negara.

Dalam kunjungan pertamanya ke Meksiko sebagai diplomat top AS, Blinken pada Jumat (8/10) mengatakan bahwa “sudah waktunya untuk pendekatan baru yang komprehensif untuk kerja sama keamanan antara kedua negara, kerja sama yang menjadikan kami mitra setara dalam menetapkan prioritas.” Kita bersama.”

Berbicara kepada wartawan di Mexico City pada konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard, Blinken mengatakan kerangka keamanan yang dikembangkan akan mencakup masalah yang lebih luas daripada imigrasi dan keamanan perbatasan untuk mengatasi “penyebab utama tantangan keamanan yang menimbulkan keamanan. tantangan.” kita hadapi,” termasuk ketimpangan, kesehatan masyarakat, dan faktor ekonomi.

Ebrard mengatakan inisiatif tersebut, yang disebut Kerangka Kerja Dua Abad AS-Meksiko untuk Komunitas Keamanan, Kesehatan Masyarakat, dan Kesejahteraan, “bukan hanya perjanjian kerja sama biasa, ini adalah aliansi keamanan. Aliansi yang memiliki tingkat kualitas yang berbeda dari perjanjian kerjasama.” (jm/rs)