Setidaknya 64 tewas oleh tornado di AS, kemungkinan akan meningkat

0
115

Gubernur Kentucky mengatakan korban tewas akibat puting beliung yang melanda beberapa negara bagian AS Jumat malam (10/12) dan Sabtu pagi (11/12) tetap 64 orang. Namun dia mengatakan angka itu kemungkinan akan meningkat, dan jumlah pastinya mungkin tidak diketahui selama beberapa minggu.

Berbicara kepada wartawan dari ibu kota negara bagian Frankfort, Andy Beshear memulai pengarahan hari Senin dengan mengatakan, “Seperti banyak orang di Kentucky barat, saya tidak enak badan hari ini.”

Beshear mengatakan para pejabat menghadapi bencana tornado terburuk dalam sejarah Kentucky. Negara bagian itu dilanda setidaknya empat tornado, salah satunya melintasi daratan selama lebih dari 321 kilometer di Kentucky barat, menghancurkan segala sesuatu yang dilaluinya. Dia mengatakan ribuan rumah rusak, bahkan hancur.

Gubernur Kentucky Andy Beshear meninjau kerusakan pasca-tornado di Mayfield (11/12).

Gubernur Kentucky mengatakan 64 adalah angka kematian paling akurat hingga Senin (13/12). Ke-18 korban belum teridentifikasi. Sedikitnya 105 orang masih hilang. Di antara yang tewas adalah beberapa karyawan pabrik lilin di kota Mayfield.

Sementara Kentucky adalah negara bagian yang paling terpengaruh, badai yang menimbulkan banyak tornado juga menyebabkan kehancuran di negara bagian Arkansas, Illinois, Mississippi, Missouri, dan Tennessee.

Badai sebesar ini tidak jarang terjadi pada bulan Desember di Amerika Utara. Ahli meteorologi mengatakan suhu udara dan air yang luar biasa hangat di Teluk Meksiko memicu badai. [vm/jm]