Taliban Bahas Rencana Turki dan Qatar Beroperasi Bersama Bandara Kabul

0
97

Pejabat Taliban di Afghanistan mengkonfirmasi pada hari Jumat bahwa mereka telah membahas rencana dengan delegasi gabungan dari Turki dan Qatar, serta perusahaan dari kedua negara untuk mengoperasikan bandara di Kabul dan kota-kota Afghanistan lainnya.

Pembicaraan itu dilakukan saat masyarakat internasional mencari cara untuk meningkatkan pengiriman bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan ke Afghanistan, di mana jutaan orang menghadapi kelaparan ekstrem.

Juru bicara Kementerian Perhubungan Taliban Imamuddin Ahmadi mengatakan kepada VOA bahwa putaran awal diskusi dengan tim gabungan perusahaan Turki dan Qatar diadakan Kamis (23/12). Dia mengatakan pertemuan lebih lanjut direncanakan awal minggu depan, tetapi sejauh ini belum ada kesepakatan yang tercapai.

Sebelum melakukan perjalanan ke Kabul minggu ini, perusahaan Turki dan Qatar menandatangani nota kesepahaman untuk mengoperasikan bandara kota “dalam kemitraan yang setara,” media Turki melaporkan Kamis.

Ahmadi mengatakan bandara lain yang sedang dibahas dengan delegasi Turki-Qatar adalah di provinsi Balkh, Herat, Kandahar dan Khost di Afghanistan.

Ankara setuju untuk memberikan keamanan bagi bandara Kabul setelah Taliban menguasai negara itu pada pertengahan Agustus, menyusul penarikan tiba-tiba pasukan asing pimpinan AS dari negara itu pada akhir Agustus. [my/pp]