Teknik Pertolongan Pertama Australia Dapat Menyelamatkan Korban Serangan Hiu

0
47

Metode pertolongan pertama ini mengharuskan petugas penyelamat atau seseorang yang dekat dengan korban untuk mengepalkan tangan pada arteri femoralis yang terletak di antara selangkangan kaki yang terluka dan alat kelamin korban, dan kemudian memberikan tekanan menggunakan berat badan penuh mereka untuk menghentikan aliran darah ke kaki yang terkena. luka. Ini adalah praktik umum yang digunakan di beberapa ruang gawat darurat rumah sakit untuk merawat kaki yang terluka parah.

Teknik ini dikembangkan oleh Dr. Nicholas Taylor, dekan Fakultas Kedokteran Universitas Nasional Australia dan seorang peselancar. Teknik ini dijelaskan dalam sebuah makalah yang diterbitkan baru-baru ini di Jurnal Pengobatan Darurat Australasia.

Taylor mengatakan penelitian telah menunjukkan bahwa mengompresi arteri femoralis lebih efektif daripada memberikan tekanan atau menerapkan bidai darurat ke kaki yang terluka.

Dia berkata, “Anda tidak perlu mengoleskannya di dekat luka untuk membuat teknik ini efektif, dan dalam beberapa hal, mengurangi masalah mual selain memberi tekanan pada kaki yang berdarah. Masalahnya, pada gigitan hiu, hal ini tidak hanya menyebabkan robekan, tetapi juga menyebabkan kerusakan dan trauma. Gigitan ini sering mematahkan tulang dan merobek otot, jadi mencoba menekan sesuatu untuk menghentikan pendarahan hampir tidak mungkin. Tapi menekan selangkangan di mana tidak ada darah benar-benar hal yang mudah dilakukan.”

Taylor mengatakan peselancar berada pada risiko yang lebih besar dari serangan hiu dan cedera kaki adalah cedera yang paling umum. Taylor mengatakan dia ingin metodenya dipromosikan di poster pertolongan pertama yang dipasang di pantai di seluruh dunia.

Taylor menambahkan, “Pada Serangan Hiu Internasional, sebagian besar serangan hiu terjadi di AS, diikuti oleh Australia, kemudian Afrika Selatan dan Eropa. Dan ada beberapa pulau seperti Reunion, yang cenderung mencatat serangan hiu dalam jumlah besar. Sayangnya, Australia memimpin dalam jumlah korban tewas dalam beberapa tahun terakhir. Anda tahu, di mana pun ada hiu, orang memiliki potensi serangan hiu dan saya pikir teknik ini, jika diketahui secara luas, berpotensi menjadi penyelamat.”

Penelitian Australia menekankan bahwa serangan hiu “semakin sering terjadi di Australasia dan di seluruh dunia.”

2020 melihat serangan hiu fatal terburuk sejak 2013. File Serangan Hiu Internasional yang berbasis di AS mencatat 10 kematian tahun lalu, enam di antaranya terjadi di perairan Australia. [uh/lt]