Transisi Iklim Tingkatkan Bencana Negeri terkait dengan Masalah Tirta

0
432

Kecelakaan perubahan iklim berdampak pada peningkatan banjir dan kekeringan yang berkepanjangan. Perubahan kondisi juga mengubah pola curah hujan, mempengaruhi ketersediaan tirta dan memperburuk kerusakan akibat banjir dan kekeringan pada seluruh dunia.

Badan Meteorologi Dunia (WMO) menyatakan peningkatan banjir mampu menghancurkan titik-titik air & fasilitas sanitasi serta menodai sumber-sumber air. Akibatnya, juru bicara WMO Clare Nullis mengatakan miliaran orang punya akses yang terbatas ataupun sedikit pun tidak memiliki akses pada air bersih serta sanitasi.

“Jadi, 39 persen populasi dunia tidak memiliki akses pada air minum yang tenteram. Diperkirakan masalah ini hendak semakin parah karena mutasi sosial ekonomi, pertumbuhan warga, dan tentunya, perubahan sumber air, seperti gletser, ” kata Nullis.

WMO menyebut gletser sebagai waduk dunia. Ini menunjukkan mencairnya lapisan es serta gletser menyebabkan lebih banyak bahaya sekaligus mengancam ketahanan air jangka panjang untuk ratusan juta orang.

Nullis menguraikan salah satu meneladan paling dramatis tentang bagaimana hal itu terjadi, mampu dilihat di Tajikistan, negeri yang memiliki lebih dari 14. 500 gletser pada abad ke-20.

“Saat ini, lebih dari seribu antara lain telah mencair sepenuhnya dan volume mutlak massanya berkurang sepertiganya. Kejadian ini dalam jangka kompak menyebabkan lebih banyak mematikan seperti longsoran salju, jalan lumpur, banjir — dengan disebut ledakan glasial, ” ujarnya.

Gletser adalah satu diantara sumber tirta utama. Dalam jangka lama, Nullis memperingatkan pencairan gletser dapat meningkatkan kelangkaan minuman bagi jutaan orang. Dia menegaskan fenomena sama sedang terjadi di seluruh negeri.

WMO menyatakan lebih dari separuh dari seluruh negara di negeri tidak memiliki sistem tadbir kualitas air. Badan itu menyerukan tindakan yang bertambah terpadu untuk melindungi sumber air dunia yang semakin berkurang dan upaya mengurangi perubahan iklim. [mg/lt]