US Issues Handbook untuk Membantu Masyarakat Mengakses Dana Infrastruktur

0
222

Pemerintahan Presiden Biden Senin merilis sebuah buku pegangan untuk membantu pejabat pemerintah federal, negara bagian dan lokal mencari cara untuk mengakses dana infrastruktur bipartisan senilai hampir $1 triliun yang telah disepakati.

Mitch Landrieu, penasihat senior Gedung Putih yang mengawasi pengeluaran infrastruktur, mengatakan tujuan dari buku setebal 461 halaman itu adalah untuk memastikan semua komunitas memiliki perincian tentang bagaimana memenuhi syarat untuk mendapatkan dana tersebut, terlepas dari ukuran komunitas atau politik mereka.

Buku ini dimaksudkan untuk memudahkan kota-kota kecil, pemimpin suku, organisasi nirlaba, dan kelompok berbasis agama untuk mendapatkan uang, yang rinciannya biasanya hanya diketahui oleh pelobi.

Kesepakatan infrastruktur tersebut dinilai unik karena selain jalan dan jembatan, dana ini juga membiayai pengembangan broadband internet, penggantian pipa air, dan ketahanan terhadap perubahan iklim.*

Sementara itu, pasar saham AS naik, memangkas beberapa kerugian bulanan terburuk sejak awal pandemi, sementara bursa saham Amerika Wall Street menutup Januari yang bergejolak yang dipicu oleh kekhawatiran bahwa kenaikan suku bunga yang akan segera terjadi akan membuat perdagangan lebih sulit.

Indeks saham S&P 500 naik 0,8% pada perdagangan tengah hari. Namun, tetap turun 6,8% sejak mencapai rekor empat minggu lalu dan kemungkinan akan turun 6,3% bulan ini. Itu akan menjadi yang terburuk sejak penurunan 12,5% pada Maret 2020, ketika mencapai titik terendah setelah pandemi mematikan ekonomi global.

Rata-rata industri Dow Jones naik 14 poin, atau kurang dari 0,1%, menjadi 34.739, dan Nasdaq Composite Index naik 2,1%.

Wall Street telah terhuyung-huyung bulan ini karena investor mencoba untuk mendahului ayunan besar di pasar, di mana Federal Reserve, Bank Sentral Amerika, akan mulai menarik stimulus besar-besaran yang dipompa ke ekonomi dan pasar. Ada perkiraan luas bahwa Fed akan mulai menaikkan suku bunga pada bulan Maret, di antara langkah-langkah untuk mempersulit peminjaman uang.

Tetapi ketidakpastian tentang seberapa cepat Fed akan bergerak telah menyebabkan perubahan besar di Wall Street, tidak hanya dari hari ke hari tetapi juga dari jam ke jam. Kemerosotan pasar saham di pagi hari dengan cepat membuka jalan bagi kerugian besar di sore hari, dan sebaliknya. Pada hari Jumat, kenaikan mendadak dalam satu jam terakhir perdagangan berhasil mencegah S&P 500 membukukan kerugian selama empat minggu berturut-turut. [ka/jm]