Venezuela Menerima 30. 0000 Dosis Vaksin Abdala dari Kuba

0
140

Infak 30. 000 dosis vaksin Abdala dari Kuba tiba di Venezuela hari Kamis (24/6) – batch prima antigen COVID-19 buatan Kuba yang akan dikirim dan didistribusikan ke negara-negara Amerika Latin.

Bagian berwenang negara pulau itu mengumumkan minggu ini kalau menurut pengetesan mereka, vaksin itu memiliki 92, 28% keberhasilan terhadap COVID-19.

Pada Kamis awut-awutan, pemerintah Venezuela dan Kuba menandatangani kontrak yang memungkinkan Kuba untuk memasok 12 juta dosis vaksin Abdala dalam beberapa bulan mendatang ke Venezuela.

Di Kuba saat itu tersedia dua vaksin tiruan Kuba – Abdala dan Soberana 02.

Tak satu pun sejak dua vaksi itu memperoleh otorisasi darurat atau mempunyai sertifikasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meskipun institusi medis Kuba menyatakan jalan bahwa itu dapat cepat terjadi.

Di dua dekade terakhir, Venezuela dan Kuba mempertahankan asosiasi erat yang dipromosikan Presiden Fidel Castro dan Hugo Chavez yang kini telah tiada. Kedua pemimpin negara Amerika Latin itu berpandangan sama dalam kecaman mereka terhadap kebijakan luar jati AS. [mg/pp]