AS Kerahkan Kapal-kapal AL Anti-Narkoba Depan Venezuela

0
266

Presiden Donald Trump, Rabu (4/1), mengumumkan kapal-kapal Angkatan Laut AS dikerahkan ke Venezuela di tengah upaya negeri AS memperkuat sejumlah operasi anti- narkotika di wilayah Karibia.

Langkah itu menyusul dakwaan kejahatan narkoba yang dijatuhkan sebab AS kepada Nicolás Maduro.

Pengumuman presiden itu merupakan pengalihan dalam taklimat harian Gedung Putih untuk membahas pandemi virus corona. Wabah virus itu menimbulkan karantina di sejumlah wilayah. Pemerintah memperingatkan kematian akibat wabah virus corona bisa mencapai 100. 000 hingga 240. 000 kematian.

“Rakyat Venezuela tetap menderita karena Maduro dan sebanyak kriminal menguasai negara itu, serta para penyelundup narkoba memanfaatkan pengingkaran hukum ini, ” kata Menteri Pertahanan Mark Esper setelah maklumat presiden tersebut.

Urusan itu melibatkan pengiriman kapal perang Angkatan Laut tambahan, pesawat penilik dan tim pasukan khusus secara kapasitas kontra-narkotika AS yang dekat dua kali lipat di daerah Barat, termasuk sejumlah pasukan dengan beroperasi di Karibia dan Pasifik Timur. Esper menyatakan misi tersebut akan didukung oleh 22 negara sekutu.

“Ketika negeri dan sejumlah negara fokus di virus corona, sebuah ancaman meningkat dari kartel, penjahat, teroris, dan aktor jahat lainnya yang mengeksploitasi situasi untuk meraih keuntungan, ” jelas Trump.

“Kita tidak boleh membiarkan itu terjadi. ” [mg/ft]

Baca juga Pokerace99