Menkes Baru Brazil Uraikan Rencana Untuk Melipatgandakan Tes COVID

0
256

Menteri kesehatan terakhir Brazil mengatakan pemerintah akan memajukan lebih dari dua kali lipat kemampuan negara itu dalam melangsungkan tes virus corona dan menyusun rencana untuk mengakhiri isolasi sosial, yang oleh Presiden Brazil Jair Bolsonaro disebut buruk bagi ekonomi negaranya.

Rekaman gambar berisi pernyataan Nelson Teich dengan dirilis Senin malam (20/4) tersebut, muncul setelah beberapa gubernur dan wali kota menyatakan mereka sedangkan mempertimbangkan untuk memberlakukan langkah-langkah isolasi yang lebih ketat untuk mendiamkan perebakan virus corona.

Menteri Kesehatan baru Brasil, Nelson Teich di Istana Planalto, Brasilia, Brasil, 17 April 2020. (AP Photo/Andre Borges)

Presiden Bolsonaro mengganti Luiz Henrique Mandetta dengan Teich pekan lalu setelah ia bentrok dengan Mandetta mengenai kebijakan isolasi mandiri, dengan ingin diakhiri pekan ini oleh Bolsonaro.

Bolsonaro jadi menghadapi tantangan hukum karena muncul dari langkah-langkah isolasi mandiri, sesudah mahkamah agung negara itu membatalkan bahwa gubernur dan wali kota dapat memutuskan langkah-langkah isolasi baik terlepas dari posisi pemerintah federal.

Sejauh ini, Brazil telah mengukuhkan lebih dari 40. 700 kasus COVID-19 dengan dua. 587 kematian. [uh/ab]