Pakistan: Serangan India Tewaskan 1 Tentara, 2 Warga Sipil di Kashmir

0
264

Gempuran artileri India di kawasan Kashmir yang disengketakan menewaskan seorang tentara, seorang hawa, dan seorang remaja putri berumur 16 tahun, kata sejumlah pejabat militer dan pemerintah Pakistan, Kamis (30/4).

Dalam suatu pernyataannya, militer Pakistan menyalahkan pasukan India karena melanggar gencatan senjata tanpa adanya provokasi di besar desa, Kailer dan Rakhchikri, yang terletak di sepanjang garis tapal batas yang memisahkan Kashmir yang dikuasai Pakistan dan Kashmir yang dikontrol India, Rabu malam.

Militer Pakistan mengatakan, pasukan Pakistan menanggapi serangan itu, dan ada sejumlah laporan yang menyebutkan jatuhnya banyak korban di pihak rombongan India. Militer Pakistan menyebutkan, seorang anak laki-laki berusia 10 tarikh dan seorang perempuan terluka sebab serangan India itu.

Letnan Kolonel Devender Anand, seorang juru bicara militer India, mengatakan, pasukan Pakistan menyerang posisi-posisi India dengan senjata mudah dan tembakan mortir sedikitnya pada empat lokasi, Rabu malam. Ia menyebut serangan itu pelanggaran tanpa provokasi terhadap kesepakatan gencatan senjata yang ditandatangani kedua negara di 2003.

Pasukan Pakistan dan pasukan India sering silih tuding melanggar gencatan senjata di Kashmir, yang terbagi dua tetapi sama-sama diklaim secara keseluruhan oleh kedua negara.

Pakistan dan India terlibat bentrokan kekerasan dalam beberapa pekan terakhir walaupun kedua negara sama-sama sedang pengganggu mengendalikan penyebaran virus corona yang telah menewaskan sedikitnya 346 karakter di Pakistan dan 1. 079 di India. [ab/uh]