Perserikatan Sepak Bola Korsel Akan Segera Gelar Pertandingan

0
252

Kompetisi liga sepak bola Korea Selatan akan dimulai Jumat (8/5), tiga hari setelah dimulainya turnamen bisbol di negara itu, sebuah petunjuk lain bahwa kehidupan di Seoul kembali berangsur normal setelah daya keras mengendalikan wabah virus corona.

Turnamen itu sendiri awalnya dijadwalkan berlangsung 29 Februari lalu, namun ditunda karena wabah yang memburuk. Pada hari tersebut bahkan tercatat ada 909 kejadian baru, tertinggi dalam sehari dengan tercatat di negara itu. Setelah berpekan-pekan melakukan tes ekstensif dan pelacakan kontak besar-besaran, jumlah pertambahan kasus baru akhirnya anjlok tenggat di bawah 10 sejak pertengahan April.

Pihak berkuasa sepak bola secara teratur berkonsultasi dengan para pakar medis. Setelah jumlah kasus baru harian di bawah 30 selama dua pekan berturutan, musim pertandingan liga tersebut akhirnya disepakati dapat dimulai.

Namun pertandingan pembuka kurun juara bertahan Jeonbuk Motors dan Suwon Bluewings, Jumat malam, dalam kota Jeonju, tidak boleh dihadiri para penggemar sepak bola. Para-para pejabat liga sepak bola Korea Selatan atau Liga K, meminta situasi itu akan berubah pada beberapa pekan mendatang.

Sementara itu, Korean Air, perusahaan penerbangan terbesar Korea Selatan, pula akan kembali beroperasi bulan ajaran. Meski demikian, mereka baru mau mengoperasikan 32 dari 110 rute internasionalnya. Perusahaan itu saat ini merotasi 70 persen dari sekitar 20. 000 pegawainya yang berharta dalam status cuti berbayar selama enam bulan. [ab/uh]