Kolombia Perketat Restriksi Terkait Covid-19 dalam Perbatasan dengan Brazil

0
73

Kolombia, Kamis malam (14/5) meluncurkan langkah-langkah baru yang bertujuan buat menghentikan kenaikan jumlah kasus perdana virus corona di dekat pinggiran dengan Brazil.

Pemimpin Iván Duque mengatakan penduduk dalam kawasan Amazon diinstruksikan untuk tentu tinggal di rumah kecuali untuk perjalanan penting untuk mencari sasaran atau bantuan medis. Militer selalu mengirimkan tentara untuk memperkuat keamanan perbatasan.

Restriksi terbaru ini dimaksudkan untuk membantu bentuk rumah sakit di Kolombia yang kewalahan dan untuk memberikan perlindungan bagi warga pribumi wilayah Amazon, di mana terjadi lonjakan peristiwa COVID-19.

AP menyebutkan bahwa Organisasi Pribumi Nasional Kolombia melaporkan 146 kasus COVID-19 serta enam kematian di antara warga di sana.

Presiden Duque mengatakan Kolombia menghadapi situasi yang dapat berubah genting menetapi berbagai perbedaan, berdasarkan sudut penglihatan epidemiologi, dengan negara-negara tetangganya.

Presiden Brazil Jair Bolsonaro menolak langkah-langkah anti-COVID dan menilai banyak pemimpin lokal di negaranya karena menutup bisnis di Brazil, yang memiliki tingkat tertinggi COVID-19 di Amerika Latin. [uh/ab]