Sisa-Sisa Badai Tropis Cristobal Bergerak ke Pedalaman AS

0
66

Sisa-sisa badai tropis Cristobal bergerak ke arah pedalaman AS, Senin (8/6) setelah tiba di kawasan pesisir AS hari Minggu, menyebabkan banjir di sepanjang 290 kilometer tuntutan pantai di negara bagian Louisiana dan ke arah timur negara bagian tetangganya, Mississippi.

Badai itu tiba di tanah Louisiana dengan membawa hujan lebat dan angin dengan kecepatan maksimum 85 kilometer per jam. Cristobal menyebabkan banjir di wilayah Mississippi. Dampaknya dapat dirasakan di ajaran timur hingga sejauh di Florida.

Hujan dan aliran badai menyebabkan ombak setinggi mematok 1, 2 meter dalam kaum jam di kota Kiln, Mississippi, memenuhi jalan-jalan dan menggenangi sebesar rumah. Daerah-daerah di luar tanah air New Orleans juga mengalami banjir pada hari Minggu.

Di Florida, spesialis cuaca menyatakan badai itu juga menimbulkan tornado yang mendarat dalam dekat Orlando hari Sabtu, dengan merusak sejumlah rumah dan merobohkan pohon. Tidak ada laporan melanda korban cedera.

Dengan curah hujannya yang lebat, Cristobal, yang kini bergerak sebagai kemerosotan tropis ke arah barat bahar dengan kecepatan 16 kilometer bohlam jam, diperkirakan akan menggenangi bagian utara pesisir Teluk Meksiko mematok hari Senin.

Pakar cuaca memperkirakannya bergerak ke periode tengah AS dalam beberapa keadaan ini, di mana kemungkinan tumbuh Cristobal akan menyebabkan hujan lebat dan ancaman banjir bandang, serta meluapkan air sungai. [uh/ab]