Vila Sakit Pakistan Kewalahan Akibat Covid-19

0
62

Surat kabar The New York Times melaporkan bahwa sistem layanan kesehatan Pakistan hampir ambruk karena tekanan akibat pandemi virus corona.

Tulisan kabar AS itu menyatakan, rumah-rumah sakit telah menggunakan seluruh kapasitas mereka dan sebagian “hanya menguncup pintu, memasang tanda bertuliskan panti sakit penuh. ”

The New York Times mengadukan personel medis di garis ajaran “jatuh sakit dalam jumlah dengan mengkhawatirkan” dan juga mengalami gempuran fisik oleh “keluarga yang kandas asa dan marah, ” marah oleh berita kematian keluarga mereka atau marah karena mereka tak bisa segera mendapatkan jenazah anggota keluarga mereka.

Para pejabat di Pakistan memperkirakan kasus Covid-19 terkonfirmasi di negara itu dapat mencapai mematok 1, 2 juta pada simpulan Juli, sehingga mendesak rakyat agar mematuhi dengan ketat pedoman keselamatan untuk membantu mengubah laju penggandaan kasus-kasus baru. Jumlah kasus dalam negara itu telah melampaui nilai 140 ribu, dengan 2. 700 kematian, sejak akhir Februari sewaktu pandemi virus corona tiba di negara Asia Selatan berpenduduk 220 juta orang itu.

Covid-19 membubung terutama sejak kamar lalu, sewaktu PM Imran Khan melonggarkan berbagai restriksi terhadap aktivitas komersial dan publik untuk membantu memulihkan mata pencaharian jutaan anak miskin di negara itu. [uh/ab]