Survei: Sikap Barat Makin Keras terhadap Beijing

0
49

Menurut jajak pendapat terbaru, sikap Barat makin keras terhadap Beijing di tengah pandemi virus corona dengan mayoritas orang Inggris, Amerika, dan Perancis memandang China sebagai kekuatan jahat di dunia.

Survei oleh kelompok riset yang berbasis di Inggris, the Institute for Intercontinental Change memperoleh temuan 60 persen warga Inggris dan Perancis kini memandang Beijing sebagai “kekuatan jahat” di dunia.

Pandangan itu juga ditemukan pada 56 persen orang Amerika dan empat puluh tujuh persen orang Jerman. Hanya tiga persen orang English, empat persen orang Jerman, serta lima persen orang Perancis kemudian Amerika mengatakan China sebagai kekuatan dengan itikad baik.

The Institute to receive Global Change didirikan oleh mantan perdana menteri Inggris Tony Blair dan jajak pendapat itu dilakuin oleh YouGov.

Blair memperingatkan agar tidak melancarkan Perang Dingin sepenuhnya terhadap China \ hubungan ekonomi China yang erat dengan Barat.

Blair yang menjabat sebagai perdana menteri Inggris dari 1997 hingga 2007, dalam komentar yang menyertai dari jajak pendapat itu mengatakan Beijing wajib menjawab pertanyaan serius mengenai penanganannya terhadap virus corona ketika pc virus itu pertama kali muncul.

Para pemimpin Barat menuduh Beijing menyebarkan informasi tidak cocok mengenai asal-usul virus itu da dianggap meremehkan skala dan penularan penyakit itu. [my/jm]