Peristiwa Covid-19 Melonjak di AS, Penggunaan Masker Makin Dianjurkan

0
228

Dengan lebih dari 3 juta kasus dan 37. 000 bertambah kematian, COVID-19 menjadi ancaman luhur di Amerika sementara jumlah infeksi baru terus meningkat.

Di Elkhart Lake, Wisconsin, ribuan penggemar balap mobil IndyCar berhimpun dalam acara pertama yang ditonton publik, sejak virus corona menyumbat jalur-jalur balap di seluruh GANDAR.

Penggunaan masker di acara itu disarankan namun tidak wajib.

Pebalap Matt Berg mengatakan, “Elkhart Lake ialah salah satu jalur balap ulung di dunia. Jadi mereka mengambil tindakan berjaga-jaga, semua orang berhati-hati, saya tidak khawatir untuk pergi menonton. ”

Jim Cossaart mengatakan, “Seluruh staf & para pebalap mengenakan masker, tapi saya kira para penggemar kurang memahami hal itu. ”

Di Florida, salah satu negara bagian di AS yang mengalami lonjakan kasus COVID-19, resor DisneyWorld yang popular, dibuka kembali bagi pengunjung untuk mula-mula kalinya setelah beberapa bulan ditutup dengan mewajibkan penggunaan masker dalam sebagian besar area taman hiburan itu.

Laksamana Brett Giroir, Wakil Menteri Kesehatan mengatakan, “Berdasarkan data yang kita miliki sekarang, tidak ada dampak buruknya memakai masker. ”

Brett Giroir menekankan masker mampu mencegah penyebaran virus lebih sendat, terutama di daerah-daerah di mana COVID-19 sedang meningkat.

Setelah berminggu-minggu menolak, Presiden Donald Trump untuk pertama kalinya mengenakan masker di depan umum ketika mengunjungi petugas layanan kesehatan & pekerja perawatan kesehatan di Walter Reed Army Medical Center pada pinggiran kota Washington DC.

“Saya rasa ketika kita berada di rumah sakit, terutama di tempat khusus di mana kita berbicara dengan banyak prajurit dan orang yang baru selalu keluar ruang operasi. Saya kira ini hari yang tepat buat menggunakan masker. Saya tidak sudah menentang penggunaan masker melainkan terpendam ada waktu dan tempatnya untuk itu, ” ujar Trump.

Dalam sesi tanya pikiran online dari kediamannya di 10 Downing Street di London, Pertama Menteri Inggris Boris Johnson menyarankan pembatasan ketat di seluruh Inggris sementara undang-undang baru di Skotlandia mewajibkan penggunaan masker di toko-toko.

“Tapi penutup depan ya, kita semakin yakin kudu sangat tegas di tempat-tempat, di tempat-tempat tertutup dimana kita bersemuka orang-orang yang biasanya tidak melakukan kontak dengan kita; transportasi, toko, gunakan penutup muka, ” prawacana Johnson.

Para ahli medis mengatakan memakai masker bukan satu-satunya langkah penting yang bisa menghentikan penyebaran infeksi.

Wakil menteri kesehatan AS mengutarakan orang harus berhenti ke bar, mengurangi kapasitas restoran dan melindungi jarak fisik, mengenakan masker di tempat umum dan mencuci tangan.

Wakil menteri kesehatan dan pejabat kesehatan lainnya di seluruh Amerika Serikat berharap langkah-langkah itu akan mengekang infeksi pada AS yang mencatat rekor harian umumnya kasus baru COVID-19 kurang kali selama minggu lalu. [my/jm]